Belajar Otomasi Perpustakaan 3 : Pengaturan Sistem

1. Menu Pengaturan Sistem

Menu Pengaturan Sistem digunakan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan pustakawan dan pengguna sistem, kelompok penguna, setelah hari libur, dan salinan pangkalan data.


2. Pustakawan dan Pengguna Sistem

Menu pustakawan dan pengguna sistem disediakan untuk mendaftarkan pengguna aplikasi ini agar dapat mengakses sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Langkah dalam menambah pustakawan dan pengguna sistem:

1. Klik Sistem, lalu pilih Pustakawan dan Pengguna Sistem.

2. Kik tambah pengguna.



3. Kolom nama masuk pengguna, diisi nama kecil pustakawan dan pengguna sistem.

4. Kolom nama asli, diisi nama lengkap pustakawan dan pengguna sistem.

5. Kolom tipe pengguna, pilih tipe pustakawan dan pengguna sistem.

6. Kolom surel, diisi dengan alamat surat elektronik (email) pustakawan dan pengguna sistem.

7. Kolom media sosial, diisi akun media sosial pustakawan dan pengguna sistem.

8. Kolom foto pengguna, digunakan untuk mengunggah foto pustakawan dan pengguna sistem.

9. Kolom kelompok, diisi kelompok pustakawan dan pengguna sistem.

10. Kolom kata sandi baru, diisi dengan kata sandi pustakawan dan pengguna sistem.

11. Kolom konfirmasi kata sandi baru, diisi kembali kata sandi pustakawan dan pengguna                 sistem         sebagai konfirmasi.

12. Klik simpan untuk menyimpan data pustakawan dan pengguna sistem.




3. Kelompok Pengguna

Pengelompokan pengguna dalam pengoperasian applikasi SLiMS perlu ditentukan sebelum aplikasi ini bisa digunakan untuk mengolah koleksi perpustakaan, melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian, memasukan data anggota, dan lain-lain.

Langkah menambahkan kelompok pengguna:

1. Klik Sistem, lalu pilih Kelompok Pengguna.

2. Klik tambah kelompok baru.

 


3. Kolom nama kelompok, diisi nama kelompok pustekawan dan pengguna sistem.

4. Kolom hak istimewa, diisi hak kelompok pengguna terhadap modul-modul yang ada di                 SLiMS, apakah hanya bisa baca, atau bisa ubah.

5. Klik simpan untuk menyimpan pengaturan kelompok pengguna.



4. Setelan Hari Libur

Setelan hari libur adalah fitur dari aplikasi SLiMS agar tanggal pengembalian peminjaman koleksi tidak jatuh pada saat perpustakaan tidak membuka layanan dan mempengaruhi jumlah keterlambatan yang berimplikasi pada jumlah denda (apabila perpustakaan memberlakukan denda).

Ada dua kelompok hari libur yang harus ditentukan, yaitu

1. Hari libur rutin

2. Hari libur khusus.


Langkah menentukan hari libur rutin:

1. Klik Sistem, lalu pilih Setelan Hari Libur.

2. Klik Setelan Hari Libur.

3. Pilih nama hari perpustakaan tidak membuka pelayanan, misalnya perpustakaan tidak                     membuka pelayanan pada hari sabtu dan minggu.

4. Klik simpan pengaturan untuk menyimpan pengaturan hari libur rutin.


Hari libur khusus adalah hari libur dimana perpustakaan tidak membuka pelayanan pada tanggal- tanggal tertentu yang tidak ditentukan pada hari libur rutin, seperti hari besar nasional, hari besar keagamaan, atau hari libur khusus lainnya. Langkah menentukan hari libur khusus:

1. Klik Sistem, lalu pilih Setelan Hari Libur.

2. Klik Hari Libur Khusus.

3. Klik Tambah Hari Libur Khusus.

4. Kolom mulai tanggal libur, diisi mulai tanggal libur.

5. Kolom akhir tanggal libur, diisi akhir tanggal libur.

6. Kolom keterangan hari libur, diisi deskripsi/nama hari libur.

 


5 Salinan Pangkalan Data

Pangkalan data dalam aplikasi SLiMS sangat penting dalam setiap transaksi di perpustakaan. Untuk menjaga keberadaan data tersebut maka perpustakaan perlu membuat cadangan penyimpanan data di luar server utama aplikasi SLiMS.

Langkah membuat salinan pangkalan data dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1.    Klik Sistem, lalu pilih Salinan Pangkalan Data.

2.    Klik Mulai Salinan Baru.

3.    Setelah beberapa saat akan muncul keterangan pencipta salinan, waktu dan lokasi salinan                 berada.

 


 



0 Response to "Belajar Otomasi Perpustakaan 3 : Pengaturan Sistem"

Post a Comment