Ruang Lingkup Kegiatan Pengembangan Koleksi

Ruang Lingkup Kegiatan Pengembangan Koleksi

Tujuan utama dari perpustakaan dan unit informasi lainnya adalah untuk membantu dalam transfer informasi dan pengembangan pengetahuan. Transfer informasi terdiri dari 9 komponen kegiatan yang terus berputar secara berkesinambungan selama perpustakaan itu ada Kesembilan komponen kegiatan tersebut adalah sebagai berikut: 

a. Identifikasi. 

b. Seleksi. 

c. Pengadaan. 

d. Organisasi. 

e. Pengolahan.

f. Penyimpanan. 

g. Interpretasi. 

h. Pemanfaman. 

i. Penyebaran. 


Informasi yang ada di perpustakaan terdiri dari dua bentuk bahan Pustaka sebagai berikut:

1. Tercetak, yang terdiri dari: 

a. buku/monograf, yang terdiri dari buku, laporan penelitian, skripsi, tesis dan disertasi: 

b. bukan buku, yang terdiri dari: 

- terbitan berseri: 

- peta: 

- gambar: 

- brosur, pamflet, booklet: 

- makalah. 

2. Tidak tercetak yang terdiri:

a. Rekaman gambar, seperti film, Video, CD, mikrofilm, dan mikrofis.

b. Rekaman suara, seperti piringan hitam, CD, kaset. & Rekaman data magnetik/digital, seperti karya dalam bentuk disket, CD dan pangkalan data, dan yang dikemas secara original. Jika dilihat dari format isinya maka koleksi perpustakaan terdiri dari berikut ini. 

1. Koleksi rujukan. 

2. Bahan ajar. 

3. Terbitan berseri. 

4. Terbitan pemerintah. 

5. Muatan lokal (local content). 

6. Bahan bacaan untuk rekreasi intelektual. 


Pengembangan koleksi merupakan suatu proses universal untuk perpustakaan karena setiap perpustakaan akan membangun koleksi yang kuat demi kepentingan pengguna perpustakaan. Adapun perincian kegiatan pengembangan koleksi, terdiri dari berikut int.

1. Menentukan kebijakan umum pengembangan koleksi. 

2. Menentukan kewenangan, tugas, dan tanggung jawab semua unsur yang terlibat dalam pengembangan koleksi. 

3. Mengidentifikasi kebutuhan pengguna. - 

4. Memilih dan mengadakan bahan pustaka. 

5. Merawat bahan pustaka. 

6. Menyiangi bahan pustaka. 

7. Mengevaluasi koleksi. 



Latihan Soal. 

1. Tujuan utama perpustakaan adalah .... 

A. Membantu dalam transfer informasi dan pengembangan pengetahuan 

B. hanya sebagai pengisi waktu luang 

C. melayani masyarakat yang buta huruf 

D. meningkatkan pengetahuan masyarakat perkotaan 

Jawaban: A. Tujuan utama perpustakaan adalah membantu dalam transfer informasi dan pengembangan pengetahuan.


2. Kegiatan transfer informasi terdiri dari .... 

A. 7 komponen 

B. 8 komponen 

C. 9 komponen 

D. 10 komponen 

Jawaban: C. Kegiatan transfer informasi terdiri dari 9 komponen.


3. Koleksi perpustakaan terdiri dari .... « 

A. bahan pustaka tercetak dan noncetak 

B. bahan pustaka tercetak 

C. buku dan majalah 

D. jawaban A, B, dan C salah 

Jawaban: A. Adanya perkembangan teknologi informasi semakin berkembang pula jenis bahan pustaka yang terdiri dari bahan pustaka tercetak dan noncetak. 


4. Berikut yang termasuk koleksi rujukan adalah .... 

A. buku ajar 

B. kamus 

C. majalah 

D. jurnal 

Jawaban: B. Kamus termasuk koleksi rujukan. 


5. Proses pengembangan koleksi menurut Evans (2000) terdiri dari ....  

A. 6 komponen 

B. 7 komponen 

C. 8 komponen 

D. 9 komponen 

Jawaban: A. Proses pengembangan koleksi menurut Evans (2000) terdiri dari 6 komponen.



0 Response to "Ruang Lingkup Kegiatan Pengembangan Koleksi"

Post a Comment