Perpustakaan Masa Depan

 Perpustakaan Masa Depan 



A. Perkembangan Perpustakaan Dan Teknologi Informasi


Dunia perpustakaan semakin hari semakin berkembang dan bergerak ke depan, perkembangan ini didukung oleh perkembangan teknologi informasi dan pemanfaatannya yang telah merambah ke berbagai bidang. Hingga saat ini, tercatat beberapa masalah di dunia perpustakaan yang dicoba didekati dengan menggunakan teknologi informasi. 


Dari segi data dan dokumen yang disimpan di perpustakaan, mulai perpustakaan tradisional yang hanya terdiri atas kumpulan koleksi buku tanpa katalog, kemudian muncul perpustakaan semi modern yang menggunakan katalog (index). Katalog mengalami metamorfosa, dari katalog berbentuk buku, kartu hingga menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan cepat dalam temu kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Koleksi perpustakaan juga mulai dialihmediakan ke bentuk elektronik sehingga tidak memakan tempat dan mudah ditemukan kembali. Ini adalah perkembangan mutakhir dari perpustakaan yaitu dengan munculnya perpustakaan digital (digital library) yang memiliki keunggulan dalam kecepatan akses informasi karena berorientasi ke data digital dan media jaringan komputer (internet). 


Dari segi manajemen (teknik pengelolaan), dengan semakin kompleksnya koleksi perpustakaan, data peminjam, transaksi, dan sirkulasi koleksi perpustakaan, saat ini muncul kebutuhan akan penggunaan teknologi informasi untuk otomatisasi business process di perpustakaan. Sistem yang dikembangkan dengan pemikiran dasar bagaimana kita melakukan otomatisasi terhadap berbagai business process di perpustakaan, kemudian terkenal dengan sebutan sistem otomasi perpustakaan (library automation system). 


B. Information Communication Technology (Ict) Dan Perpustakaan


Di era informasi saat ini perpustakaan harus membangun diri menjadi perpustakaan modern (perpustakaan online). Perpustakaan perlu beralih dari 


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat sering dikenal dengan istilah ICT/TIK, dimanfaatkan oleh setiap lapisan masyarakat maupun instansi tidak ketinggalan perpustakaan. Dengan kemunculan Information Communication Technology (ICT) mengubah paradigma perpustakaan, yang awalnya merupakan perpustakaan tradisional dengan koleksi serta layanan serba manual saat ini sudah berkembang menjadi perpustakaan 2.0. Perpustakaan 2.0 ini adalah jenis perpustakaan yang berkembang saat ini. 


Tahap perkembangan perpustakaan yaitu perpustakaan elektronik, perpustakaan digital, perpustakaan hibrida, dan terakhir perpustakaan 2.0. 


Perkembangan ICT juga mempengaruhi perubahan perilaku informasi di masyarakat. Perubahan ini dengan mentransformasikan pengajaran, pembelajaran, komunikasi ilmiah, dan peran perpustakaan “tradisional” sebagai penyedia jasa layanan yang menunjang penelitian. 


Latihan Soal:

1) Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, juga berpengaruh pada perkembangan dunia .... 

A. perpustakaan 

B. ilmu pengetahuan 

C. minat baca  

D. perusahaan 

Jawaban:

A. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berpengaruh pada semua bidang tak terkecuali dunia/bidang perpustakaan. 


2) Perpustakaan yang sudah menggunakan sarana teknologi komunikasi dan informasi, untuk mengoperasikan dan merawat diperlukan - 

A. pustakawan 

B. programmer 

C. SDM 

D. hardware 

Jawaban:

C. SDM sangat diperlukan dalam mengoperasikan dan merawat prasarana teknologi komunikasi dan informasi. 


3) Perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, dan mendistribusikan koleksinya secara digital, merupakan perpustakaan .... 

A. hibrida 

B. umum 

C. elektronik 

D. digital 

Jawaban:

D. Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang, menyimpan dan mendistribusikan informasi secara Digital, 


4) Distribusi informasi dari perpustakaan digital melalui jaringan ... 

A. internet “ 

B. perpustakaan 

C. komputer 

D. diginet 

Jawaban:

A. Jaringan internet merupakan alat yang digunakan untuk mendistribusikan informasi dari perpustakaan digital


5) Perpustakaan 2.0 mempunyai fokus pada jasa .... 

A. pengembangan koleksi 

B. pengguna atau pemustaka 

C. pemeliharaan koleksi 

D. partisipasi antar pengguna 

Jawaban:

B pengguna/pemustaka merupakan tujuan dari Perpustakaan 2 0. 












0 Response to "Perpustakaan Masa Depan "

Post a Comment