Belajar Otomasi Perpustakaan 7, Menu Pelaporan

Menu Pelaporan

Menu Pelaporan digunakan untuk membuat laporan dan statistik perpustakaan yang meliputi: statistik koleksi, peminjaman, keanggotaan, pengunjung, dan aktifitas di perpustakaan lainnya.


Statistik Koleksi

Menu statistik koleksi digunakan untuk melihat ringkasan jumlah koleksi perpustakaan yang dimiliki. Langkah membuat statistik koleksi dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik Pelaporan, lalu pilih Statistik Koleksi.

2. Di dalam Statistik Koleksi akan muncul data stiatistik: total judul koleksi yang dimiliki, total judul koleksi yang telah dilengkapi eksemplar, total eksemplar yang dimiliki, total eksemplar yang saat ini sedang dipinjam oleh anggota, total eksemplar yang tersedia di dalam rak koleksi, total judul koleksi berdasarkan media (GMD), total eksemplar koleksi berdasarkan jenis koleksi, dan 1 0 judul koleksi perpustakaan terpopuler. Pada Statistk Koleksi juga dapat terlihat total judul menurut media dan jenis koleksi dalam bentuk grafik dengan klik pada tulisan Tunjukan Dalam Grafik.




Laporan Peminjaman

Menu laporan peminjaman digunakan untuk melihat ringkasan jumlah peminjaman koleksi perpustakaan yang dimiliki.

Langkah membuat laporan peminjaman koleksi dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik Pelaporan, lalu pilih Laporan Peminjaman.

2. Di dalam Laporan Peminjaman akan muncul data stiatistik: total peminjaman, rata-rata transaksi per hari, jumlah anggota yang meminjam koleksi perpustakaan, jumlah anggota yang belum pernah meminjam koleksi, dan total peminjaman terlambat. 




Laporan Keanggotaan

Menu laporan keanggotaan digunakan untuk melihat ringkasan jumlah keanggotaan perpustakaan. Langkah membuat laporan keanggotaan dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik Menu Pelaporan, lalu pilih Laporan Keanggotaan.

2. Di dalam Laporan Keanggotaan akan muncul data stiatistik: total anggota perpustakaan, anggota perpustakaan yang aktif berkunjung dan melakukan peminjaman, jumlah anggota menurut jeniskeanggotaannya, jumlah anggota yang telah habis masa berlaku keanggotaannya, serta nama 1 0 anggota paling aktif di perpustakaan. Pada Laporan Keanggotaan juga dapat terlihat jumlah anggota berdasarkan jenis keanggotaannya dalam bentuk grafik dengan klik pada tulisan Tunjukan Dalam Grafik.



Rekapitulasi

Menu rekapitulasi digunakan untuk melihat jumlah koleksi perpustakaan secara lebih lengkap. Langkah membuat rekapitulasi dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Rekapitulasi.

2. Di dalam Rekapitulasi akan menampilkan rekapitulasi jumlah judul dan jumlah eksemplar koleksi berdasarkan klasifikasi. Dalam Rekapitulasi dapat terlihat berapa jumlah koleksi di masing-masing kelas, hingga masing-masing sub kelas.




3. Selain berdasarkan Klasifikasi, Dalam Rekapitulasi juga dapat terlihat jumlah koleksi berdasarkan GMD, Tipe Koleksi dan Bahasa dengan cara memilih filter pada Rekap Berdasar, pilih salah satu kategorinya, lalu klik Terapkan Filter. Lalu akan muncul jumlah koleksi berdasarkan filter yang dipilih.





4. Hasil rekapitulasi koleksi perpustakaan dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.


5.
Selain dicetak/diprint, hasil rekapitulasi juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer.




Daftar Judul dan Daftar Judul Eksemplar

Pada menu Pelaporan, terdapat submenu Daftar Judul dan Daftar Judul Eksemplar. Perbedaan antara kedua submenu ini adalah, pada Daftar Judul yang tampil di dalam laporan adalah semua judul koleksi yang pernah terinput ke dalam sistem tanpa memperhatikan ketersediaan dan jumlah eksemplarnya. Sedangkan pada Daftar Judul Eksemplar, yang tampil di dalam laporan adalah semua judul koleksi yang memiliki eksemplar. Sehingga, jika sudah melakukan input data bibliografi tetapi belum melakukan input eksemplar, judul koleksi tersebut tidak akan muncul di laporan daftar judul eksemplar. Laporan daftar judul eksemplar umumnya adalah acuan yang dipakai dalam menghitung kondisi riil jumlah koleksi perpustakaan yang dimiliki.

 

 

Daftar Judul

Submenu Daftar Judul digunakan untuk melihat jumlah koleksi perpustakaan berdasarkan judul. Langkah membuat daftar judul dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Judul.

2. Pada kolom Judul/ISBN, dapat dilakukan pencarian koleksi melalui judul koleksi atau nomor ISBN dengan cara ketikkan judul koleksi/nomor ISBN yang akan cari, lalu klik Terapkan Filter. Maka akan muncul koleksi yang kita cari sesuai judul atau nomor ISBN.

 


3. Selain pencarian melalui Judul/ISBN, pencarian koleksi juga dapat dilakukan melalui Pengarang, Klasifikasi, GMD, Tipe Koleksi, Bahasa, Lokasi, dan Tahun Terbit dengan klik pada Tunjukan Opsi Filter Lebih Banyak. Lalu isi kolom sesuai dengan filter yang dipilih, kemudian klik Terapkan Filter.


4. Pada filter kolom GMD dan Tipe Koleksi, pencarian dapat dilakukan pada lebih dari satu pilihan jenis GMD atau Tipe Koleksi. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih terlebih dahulu salah satu pilihan jenis GMD atau Tipe Koleksi, lau tekan dan tahan tombol Ctrl, kemudian pilih kembali jenis GMD dan Tipe Koleksi yang ingin dicari.



5. Selain mencari koleksi berdasarkan salah satu kolom filter, pencarian juga dapat dilakukan beberapa kolom filter. Sebagai contoh, mencari koleksi ‘Kamus Berbahasa Inggris’. Klik pada Tunjukan Opsi Filter Lebih Banyak, di kolom judul tuliskan ‘Kamus’, di kolom ‘GMD’ pilih ‘Text’, di kolom ‘Tipe Koleksi’ pilih ‘Reference’, dan pada kolom ‘Bahasa’ pilih ‘English’. Maka akan muncul koleksi Kamus Berbahasa Inggris sesuai pencarian.


6. Banyaknya cantuman yang ditampilkan pada laporan Daftar Judul dapat disesuaikan dengan cara klik pada Tunjukan Opsi Filter Lebih Banyak, kemudian isi kolom Cantuman Per Halaman dengan jumlah cantuman yang ingin dimunculkan di dalam satu halaman, lalu klik Terapkan Filter. Maka pada jumlah cantuman laporan pencarian akan muncul sesuai dengan jumlah yang diinginkan.


7. Hasil laporan Daftar Judul dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.


8. Selain dicetak/diprint, hasil laporan Daftar Judul juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer.




Daftar Judul Eksemplar

Submenu Daftar Judul Eksemplar digunakan untuk melihat jumlah koleksi perpustakaan berdasarkan judul yang memiliki eksemplar.

Langkah membuat daftar judul eksemplar dalam SLiMS adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Judul Eksemplar.

2. Pada kolom Judul/ISBN, dapat dilakukan pencarian koleksi melalui judul koleksi atau nomor ISBN dengan cara ketikkan judul koleksi/nomor ISBN yang akan cari, lalu klik Terapkan Filter. Maka akan muncul koleksi yang kita cari sesuai judul atau nomor ISBN.


3. Cara pencarian pada Daftar Judul Eksemplar hampir sama dengan pencarian pada Daftar Judul. Perbedaan terletak pada adanya kolom Kode Eksemplar untuk mencari koleksi berdasarkan kode eksemplar yang dimiliki.

4. Data Daftar Judul Eksemplar dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.

5. Selain dicetak/diprint, Data Daftar Judul Eksemplar juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer. 




Peminjaman Berdasarkan klasifikasi

Informasi peminjaman berdasarkan klasifikasi bisa diketahui melalui submenu Peminjaman Berdasarkan Klasifikasi di aplikasi SLiMS. Dengan fasilitas ini dapat diketahui subjek apa yang paling banyak dipinjam oleh pemustaka. Jumlah peminjaman berdasarkan klasifikasi dapat dijadikan salah satu acuan untuk mengetahui kebutuhan dan minat pemustaka guna bahan pengembangan koleksi perpustakaan.

Langkah untuk mendapatkan jumlah koleksi yang dipinjam berdasarkan klasifikasi adalah sebagai berikut:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Peminjaman Berdasarkan Klasifikasi.

2. Pada kolom Klasifikasi, pilih nomor kelas yang ingin di cari jumlah peminjamanya.

3. Kemudian klik Terapkan Filter.

4. Akan muncul data peminjaman berdasarkan klasifikasi sesuai dengan tahun berjalan. 


5. Pencarian data peminjaman berdasarkan klasifikasi dapat diberi tambahan filter dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Tipe Koleksi dan Tahun. Pilih Tipe Koleksi dan Tahun yang ingin dicari jumlah peminjamannya, kemudian klik Terapkan Filter.

6. Data Peminjaman Berdasarkan Klasifikasi dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.

7. Selain dicetak/diprint, Data Peminjaman Berdasarkan Klasifikasi juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer.




Daftar Anggota

Menu ini memberikan informasi daftar anggota perpustakaan berdasarkan tipe keanggotaan. Terdapat juga beberapa tambahan filter untuk mencari daftar anggota sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan

Langkah untuk membuat laporan daftar anggota perpustakaan:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Anggota.

2. Pada kolom Tipe Keanggotaan, pilih tipe keanggotaan yang ingin di cari data keanggotaannya.

3. Kemudian klik Terapkan Filter.

4. Akan muncul daftar anggota sesuai tipe keanggotaan


5. Pencarian data daftar anggota dapat diberi tambahan filter dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter ID Anggota/Nama Anggota, Jenis Kelamin, Alamat, Tanggal Pendaftaran Sejak, Tanggal Pendaftaran Hingga, dan Cantuman Per Halaman. Pilih/isi tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

6. Data Daftar Anggota dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.

7. Selain dicetak/diprint, Data Daftar Anggota juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer. 


 


Daftar Peminjaman Anggota dan Sejarah Peminjaman

Daftar Peminjaman Anggota

Menu Daftar Peminjaman Anggota berfungsi untuk menampilkan peminjaman anggota secara personal. Saat klik submenu Daftar Peminjaman Anggota pada menu Pelaporan, secara otomatis akan muncul semua transaksi peminjaman yang terekam dalam aplikasi SLiMS.

Langkah membuat laporan Daftar Peminjaman Anggota:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Peminjaman Anggota.

2. Pada kolom ID Anggota/Nama Anggota, isi nomor ID atau nama anggota yang ingin di cari data peminjamannya.

3. Kemudian klik Terapkan Filter.

4. Akan muncul daftar peminjaman anggota dengan keterangan nama anggota, e-mail dan nomor telpon, judul koleksi yang dipinjam oleh anggota tersebut, serta tanggal peminjaman dan pengembalian. 


5. Pencarian data daftar peminjaman anggota dapat diberi tambahan filter dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Tanggal Pinjam Sejak, Tanggal Pinjam Hingga, dan Cantuman Per Halaman. Pilih/isi tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

6. Data Daftar Peminjaman Anggota dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.




Sejarah Peminjaman

Menu Sejarah Peminjaman berfungsi untuk menampilkan daftar peminjaman koleksi dengan lebih komprehensif, baik dari sisi keanggotaan maupun dari sisi koleksi. Saat klik submenu Sejarah Peminjaman pada menu Pelaporan, secara otomatis akan muncul semua transaksi peminjaman yang terekam dalam aplikasi SLiMS.

Langkah membuat laporan Sejarah Peminjaman:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Sejarah Peminjaman.

2. Pada kolom ID Anggota/Nama Anggota, isi nomor ID atau nama anggota yang ingin di cari data peminjamannya, kemudian klik Terapkan Filter.

3. Akan muncul daftar peminjaman dengan keterangan nomor ID anggota, nama anggota, kode eksemplar, judul koleksi, tanggal peminjaman, tanggal pengembalian, dan status peminjaman.

4. Data Sejarah Peminjaman dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.

5. Selain dicetak/diprint, Data Sejarah Peminjaman juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer.


6. Pencarian data sejarah peminjaman dapat diberi tambahan filter dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Judul, Kode Eksemplar, Tanggal Pinjam Sejak, Tanggal Pinjam Hingga, Status Peminjaman dan Cantuman Per Halaman. Pilih/isi tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter. 


 


Peringatan Jatuh Tempo, Daftar Keterlambatan, dan Laporan Denda

Peringatan Jatuh Tempo

Menu Peringatan Jatuh Tempo berfungsi untuk menampilkan data peminjaman koleksi yang akan jatuh tempo dalam waktu satu sampai tiga hari.

Langkah membuat laporan Peringatan Jatuh Tempo:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Peringatan Jatuh Tempo.

2. Akan muncul daftar peminjaman koleksi yang akan jatuh tempo dalam satu sampai tiga hari dengan keterangan nomor ID anggota, nama anggota, email, nomor telepon, kode eksemplar, judul koleksi, tanggal peminjaman, dan tanggal pengembalian. 

3. Pencarian data peringatan jatuh tempo juga dapat dilakukan berdasarkan nomor ID atau nama anggota. Pada kolom ID Anggota/Nama Anggota, isi nomor ID atau nama anggota yang ingin di cari data peringatan jatuh tempo, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Peringatan Jatuh tempo dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.



Daftar Keterlambatan

Menu Daftar Keterlambatan berfungsi untuk menampilkan data peminjaman koleksi yang sudah melebihi jatuh tempo dan belum dikembalikan oleh anggota.

Langkah membuat laporan Daftar Keterlambatan:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Katerlambatan.

2. Akan muncul daftar peminjaman koleksi yang sudah jatuh tempo dan belum dikembalikan oleh anggota, dengan keterangan nomor ID anggota, nama anggota, email, nomor telepon, kode eksemplar, judul koleksi, tanggal peminjaman, dan tanggal pengembalian.

3. Pencarian Daftar Keterlambatan juga dapat diberi tambahan filter berdasarkan jangka waktu tertentu dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Tanggal Pinjam Sejak, Tanggal Pinjam Hingga, dan Cantuman Per Halaman. Pilih/isi tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Daftar Keterlambatan dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK. 


 

Laporan Denda

Menu Laporan Denda berfungsi untuk menampilkan data jumlah denda pada bulan dan tahun tertentu.

Langkah membuat laporan Laporan Denda:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Laporan Denda.

2. Akan muncul laporan denda sesuai dengan bulan dan tahun berjalan.

3. Untuk pencarian Laporan Denda yang sudah lewat dapat dilakukan dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Tahun dan Bulan. Pilih tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Laporan Denda dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.



Aktifitas Staf

Menu Aktifitas Staf ini memberikan informasi data aktifitas staf terkait pengolahan koleksi dan pelayanan dalam jangka waktu tertentu.

Langkah untuk membuat laporan Aktifitas Staf:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Aktifitas Staf.

2. Akan muncul data aktifitas dari semua staf dengan keterangan Nama Asli, Nama Masuk Pengguna, Entri Data Bibliografi, Entri Data Eksemplar/Kopi, Entri Data Anggota, Peminjaman, dan Pengembalian.

 

3. Untuk pencarian Aktifitas Staf dalam kurun waktu tertentu dapat dilakukan dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter Aktifitas Sejak dan Aktifitas Hingga. Pilih tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Aktifitas Staf dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.



 


Statistik Pengunjung, Statistik Pengunjung (Per Hari), dan Daftar Pengunjung

Statistik Pengunjung

Menu Statistik Pengunjung berfungsi untuk menampilkan data jumlah pengunjung perpustakaan perbulan selama satu tahun tertentu..

Langkah membuat laporan Statistik Pengunjung:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Statistik Pengunjung.

2. Akan muncul data jumlah pengunjung perbulan selama tahun berjalan yang dikategorikan berdasarkan Tipe Keanggotaan dan Bulan.

3. Untuk pencarian Statistik Pengunjung pada tahun sebelumnya dapat dilakukan dengan memiilih tahun pada kolom Tahun, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Statistik Pengunjung dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.



Statistik Pengunjung (Per Hari)

Menu Statistik Pengunjung (Per Hari) berfungsi untuk menampilkan data jumlah pengunjung perpustakaan perhari selama satu bulan dan tahun tertentu..

Langkah membuat laporan Statistik Pengunjung:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Statistik Pengunjung (Per Hari).

2. Akan muncul data jumlah pengunjung perhari selama bulan dan tahun tertentu.

3. Untuk pencarian Statistik Pengunjung (Per Hari) pada bulan dan tahun sebelumnya dapat dilakukan dengan memiilih pada kolom Bulan dan Tahun, kemudian klik Terapkan Filter.

4. Data Statistik Pengunjung (Per Hari) dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.



Daftar Pengunjung

Menu Daftar Pengunjung berfungsi untuk menampilkan data jumlah pengunjung perpustakaan. Langkah membuat laporan Daftar Pengunjung:

1. Klik menu Pelaporan, lalu pilih submenu Daftar Pengunjung.

2. Pada kolom Tipe Keanggotaan, pilih Tipe Keanggotaan yang ingin di cari jumlah pengunjungnya.

3. Kemudian klik Terapkan Filter.

4. Akan muncul data jumlah pengunjung berdasarkan Tipe Keanggotaan.


5. Pencarian data Daftar Pengunjung berdasarkan Tipe Keanggotaan dapat diberi tambahan filter dengan klik Tunjukkan Opsi Filter Lebih Banyak. Akan muncul tambahan filter ID Pengunjung/Nama Pengunjung, Institusi, Tanggal Kunjungan Sejak, Tanggal Kunjungan Hingga, dan Cantuman Per Halaman. Pilih/isi tambahan filter sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Terapkan Filter.

6. Data Daftar Pengunjung dapat dicetak/diprint dengan klik pada Cetak Halaman Ini, kemudian akan muncul kotak dialog, lalu pilih Print dan OK.

7. Selain dicetak/diprint, Data Daftar Pengunjung juga dapat diekspor ke dalam format spreadsheet dengan klik Ekspor ke Format Spreadsheet, dan file spreadsheet akan otomatis terunduh ke dalam komputer.

0 Response to "Belajar Otomasi Perpustakaan 7, Menu Pelaporan"

Post a Comment