Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 1
1. Planning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating merupakan fungsi manajemen menurut
A. Sondang P. Siagian
B. Henry Fayol
C. M. Gullick
D. Harlod Koontz
E. George R. Terry
Pembahasan
Sondang P. Siagian (1985), membagi fungsi-fungsi manajemen atas:
a. Perencanaan ( planning )
b. Pengorganisasian ( Organizing )
c. Pemberian motivasi ( motivating )
d. Pengawasan ( controlling)
e. Penilaian ( evaluating )
Jawaban : A
2. Jabatan Presiden Direksi dalam perusahaan termasuk dalam tingkatan ...
A. Semua level manajemen
B. Dewan komisaris
C. Manajemen menengah
D. Manajemen puncak
E. Manajemen tingkat bawah
Pembahasan
Tingkat manajemen puncak memiliki hal penuh untuk mengangkat, memilih, serta memberhentikan manajemen Iain yang berada dibawahnya. Beberapa contoh sebutan tingkat manajemen puncak adalah GM (General Manager), CEO (Chief Executive Officer) dan Presdir atau Presiden Direksi.
Jawaban : D
3. Keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang Iain disebut ...
A. Communication
B. Konseptual
C. Teknis
D. Simpati
E. Interpersonal
Pembahasan
Secara teori definisi interpersonal skill adalah keahlian yang dimiliki seorang individu untuk berelasi dan berinteraksi dengan sesama, hal ini berlaku baik untuk masyarakat maupun individu.
Jawaban: E
4. Menentukan sumber dana yang diperlukan, mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala aktivitas perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan, merupakan langkah yang ditempuh oleh manajemen ...
A. Personalia
B. Produksi
C. Keuangan
D. Pemasaran
E. Administrasi
Pembahasan
Fungsi utama dari seorang manajer keuangan yaitu merencanakan, mencari serta dapat memanfaatkan dana dengan berbagai cara dalam memaksimalkan daya guna dari operasi perusahaan. Tentunya hal tersebut membutuhkan pengetahuan akan pasar uang serta dari mana modal akan diperoleh dan bagaimana keputusan yang tepat di bidang keuangan harus dibuat.
Jawaban : C
5. Tingkat manajemen yang bertugas memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional adalah
A. Organizing
B. Top management
C. Lower management
D. Middle management
E. Personalia
Pembahasan
Manajemen lini pertama (low Level Management) adalah tingkatan manajemen yang paling rendah dalam sebuah perusahaan. Manajemen ini bertugas untuk memimpin dan mengawasi kinerja tenaga operasional.
Jawaban : C
6. Salah satu tugas dari Manajemen puncak adalah ...
A. Bertanggung jawab pada lower management.
B. Menetapkan kebijakan operasional
C. Melakukan semua pekerjaan tingkat operasional.
D. Mengawasi para pekerja.
E. Bertanggung jawab pada Middle Management.
Pembahasan
Tugas manajemen tingkat puncak adalah membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan dan misi organisasi, serta strategi yang digunakan. Manajemen puncak juga harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.
Jawaban : B
7. Prinsip “the right man on the right place” yang digunakan dalam menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan pelaksanaan dari fungsi ...
A. Controlling
B. Planning
C. Organizing
D. Actuating
E. Motivating
Pembahasan
“the right man on the right place” merukakan salah satu kebaikan dari Organisasi garis dan staf pada organisasi fungsional.
Jawaban : C
8. Pemimpin yang mengambil keputusan tanpa melibatkan bawahan disebut ...
A. Adil
B. Otoriter
C. Bebas
D. Demokratis
E. Personal
Pembahasan
Tipe pemimpin otoriter umumnya terpusat pada bos yang menjadi pemegang kekuasaan tertinggi. Mulai dari peraturan, prosedur, maupun membuat keputusan akan didominasi oleh pihak tertentu. Sehingga orang yang bekerja dalam naungannya, harus mengikuti dan menjalankan perintah.
Jawaban : B
9. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah ...
A. Perencanaan, organisasi dan evaluasi
B. formal, informal dan teknis
C. Konseptual, formal dan teknis
D. Formal, teknis dan manajerial
E. Konseptual, Kemanusian dan teknis
Pembahasan
Menurut Robert L. Katz, seorang Manajer yang sukses wajib memiliki 3 Keterampilan Manajemen Dasar yaitu Keterampilan Konseptual, Keterampilan berhubungan dengan orang Iain (kemanusiaan) dan Keterampilan Teknis.
Jawaban : E
Baca juga:
Latihan Soal SKB PPPK & CPNS Bidang Perpustakaan
10. Dapat menjalin hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ...
A. Coordinating
B. Planning
C. Organizing
D. Actuating
E. Controlling
Pembahasan
Coordinating (pengkoordinasian), merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Jawaban: A
11. Atasan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka anda ...
A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
E. Hal semacam itu memang sudah terjadi menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia
Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui sejauh mana integritas Anda
ketika melihat kecurangan terjadi di hadapan anda.
Jawaban : C
12. Ketika gagal mencapai sesuatu yang Anda inginkan, maka ...
A. Mencari dengan seksama siapa yang turut bertanggung jawab terhadap kegagalan anda B. Mengambil waktu untuk menenangkan diri
C. Bersedih hati
D. Melakukan introspeksi dan memperbaiki upaya.
E. Meminta bantuan kepada lebih banyak orang
Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui motivasi Anda untuk terus berprestasi
meskipun mengalami kegagalan.
Jawaban : D
13. Anda mengajukan suatu usulan kepada atasan Anda, namun usulan tersebut menurut atasan Anda kurang tepat. Sikap Anda adalah ...
A. Merasa sangat kecewa
B. Mencari alternatif usulan Iain yang tepat
C. Kecewa, namun berusaha melupakan hal tersebut
D. Saya bersikeras mencari upaya pembenaran terhadap usulan tersebut agar dia mau
menerimanya
E. Ditolak bukanlah sesuatu yang baru bagi Anda
Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui semangat anda untuk terus berkreativitas dan berinovasi meskipun mengalami penolakan.
Jawaban : B
14. Saat jam istirahat ada seorang klien dari luar kota ingin menemui Anda. Klien tersebut terburu-buru karena harus segera menuju bandara untuk pulang ke daerahnya. Sikap Anda ...
A. Segera menemuinya dan menanyakan kepentingannya.
B. Tidak mau menemuinya karena Anda sedang istirahat.
C. Menyuruhnya untuk menunggu.
D. Meminta teman Anda untuk menemuinya.
E. Menyuruhnya untuk kembali Iain kali saja.
Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepedulian Anda terhadap klien yang mengalami kesulitan. Cobalah menempatkan diri Anda sebagai orang yang membutuhkan pelayanan, dengan begitu Anda akan memahami sikap seperti apa yang diinginkan oleh pelanggan.
Jawaban: A
15. Suatu hari ada seorang klienkebangsaan asing menemui Anda untuk berkonsultasi. Anda tidak mengerti bahasa yang ia gunakan. Sikap anda ...
A. Menolak untuk menemuinya karena takut tidak paham.
B. Menyuruh rekan anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menemuinya.
C. Meminta bantuan rekan Anda yang memahami bahasa orang asing tersebut untuk menerjemahkan ketika Anda sedang berbicara dengannya.
D. Berpura-pura memahami pembicaraannya.
E. Meminta orang asing tersebut untuk datang Iain kali dan membawa penerjemah.
Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepedulian Anda terhadap klien yang mengalami kesulitan. Pahamilah bahwa pelayanan yang baik akan membentuk citra diri yang baik pula sehingga akan dipercaya oleh pelanggan.
Jawaban : C
Baca Juga:
0 Response to "Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 1"
Post a Comment