Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Wawancara 1

Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Wawancara 1



1. Jika saat diterima menjadi PPPK nanti anda menghadapi banyak hambatan dalam penyelesaian tugas apa yang akan anda lakukan 

A. Mencari data pendukung. berkaitan dengan tugas tersebut 

B. Tetap fokus memecahkan masalah : 

C. Meminta bantuan rekan sejawat lain untuk menyelesaikan tugas 

D. Mendelegasikan pekerjaan kepada rekan sejawat

Jawaban A.


2. Seorang pengguna layanan ingin mengurus sesuatu dengan waktu yang cepat, teman anda kelelahan dan butuh istirahat. Sementara anda masih ada tugas yang belum selesai. Sikap anda? 

A. Menggantikan teman anda dengan mengurusi kepentingan pelanggan tersebut 

B. Melanjutkan tugas teman yang kelelahan, supaya kantor tidak terbengkalai 

C. Menyelesaikan tugas anda sampai selesai, bar membantu teman yang kelelahan 

D. Membiarkan saja karena bukan tugas saya 

jawaban C


3. Bagaimanakah sikap anda dinyatakan lulus PPPK dan ditempatkan di sebuah wilayah yang masyarakatnya mayoritas menganut agama yang berbeda dengan anda? 

A. Saya akan mempelajari agama, adat kebudayaan setempat sehingga saya bisa beradaptasi dan berbaur dengan warga lokal 

B. Saya akan mengurus mutasi penugasan agar saya bisa bekerja dengan nyaman 

C. Saya akan bersikap biasa aja karena sebagai Indonesia adalah negara dengan Bhineka Tunggal Ika, perbedaan agama, suku dan adat budaya adalah hal yang tidak dapat dipungkiri

D. Saya akan berusaha untuk menunjukkan sikap toleran menghormati dan segera beradaptasi dengan adat kebudayaan

jawaban D


4. Bagaimana sikap anda jika ada seseorang yang menawarkan kenaikan jabatan namun dengan syarat anda harus mempersiapkan sejumlah uang sebagai imbalan? 

A. Saya akan menolak dan melaporkan oknum tersebut kepada atasan 

B. Saya akan menolak karena tidak memilih uang banyak. 

C. Saya akan menolak dengan tegas dan tetap bekerja seperti biasanya 

D. Saya akan menolak dan menegur oknum tersebut agar tidak melakukan hal demikian 

jawaban D


5. Jika saat anda diterima menjadi ASN PPPK, anda dihadapkan masalah “dalam pekerjaan yang ada kaitannya dengan kewajiban anda, tindakan anda adalah? 

A. Langsung mencari kambing hitam penyebab masalah 

B. Menyelidiki apakah ada orang atau pihak lain yang terlibat dalam masalah tersebut . . 

C. Tetap bertanggung jawab dan mencari solusi dari masalah tersebut 

D. Menuntut orang lain untuk membantu menyelesaikan —masalah ini | 

Jawaban C


Baca juga:

Perpustakaan Mini Digital

Latihan Soal SKB PPPK CPNS 


6. Di tempat anda bekerja, ada gerakan 3S yaitu senyum, sapa, dan salam yang harus diterapkan. Bagaimana sikap anda terhadap aturan tersebut adalah? 

A. Menerapkan aturan tersebut dan mengajak rekan sejawat lain 

B. Menerapkan 3S saat melayani masyarakat saja 

C. Menerapkan 3S dengan senang hati 

D. Belum siap menerapkan aturan tersebut karena saya juga manusia yang suasana hatinya bisa berubah 

jawaban a


7. Jika saat diterima menjadi PPPK nanti anda menghadapi , banyak hambatan dalam penyelesaian tugas apa yang akan anda lakukan?

A. Mencari data pendukung berkaitan dengan tugas tersebut

B. Tetap fokus memecahkan masalah TN 

C. Meminta bantuan rekan sejawat lain untuk | menyelesaikan tugas

D. Mendelegasikan pekerjaan kepada rekan sejawat lainnya

jawaban A


8. Seorang pengguna layanan ingin mengurus sesuatu dengan waktu | yang cepat, teman anda kelelahan dan butuh istirahat. Sementara anda masih ada tugas yang belum selesai. Sikap anda? . 

A. Menggantikan teman anda dengan mengurusi kepentingan pelanggan tersebut 

B. Melanjutkan tugas teman yang kelelahan, supaya kantor tidak terbengkalai

C. Menyelesaikan tugas anda sampai selesai, baru membantu teman yang kelelahan 

D. Membiarkan saja karena bukan tugas saya

jawaban. C


9. Bagaimanakah sikap anda dinyatakan lulus PPPK dan ditempatkan di sebuah wilayah yang masyarakatnya mayoritas menganut agama yang berbeda dengan anda? 

A. Saya. akan mempelajari agama, adat kebudayaan setempat sehingga saya bisa beradaptasi dan berbaur dengan warga lokal 

B. Saya akan mengurus mutasi penugasan agar saya bisa bekerja dengan nyaman 

C. Saya akan bersikap biasa aja karena sebagai Indonesia adalah negara dengan Bhineka Tunggal Ika, perbedaan agama, suku dan adat budaya adalah hal yang tidak dapat dipungkiri 

D Saya akan berusaha untuk menunjukkan sikap toleransi menghormati dan segera beradaptasi dengan adat kebudayaan 

jawaban D


10. Bagaimana sikap anda jika ada seseorang yang menawarkan kenaikan jabatan namun dengan syarat anda harus mempersiapkan sejumlah uang sebagai imbalan? 

A. Saya akan menolak dan melaporkan oknum tersebut kepada atasan : 

B. Saya akan menolak karena tidak memilih uang banyak

C. Saya akan menolak dengan tegas dan tetap bekerja seperti biasanya 

D. Saya akan menolak dan menegur oknum tersebut agar tidak melakukan hal demikian

jawaban D


0 Response to "Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Wawancara 1"

Post a Comment