PENGERTIAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI

 PENGERTIAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI 


Ilmu perpustakaan adalah disiplin ilmu yang mempelai pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, penyimpanan, temu kang interpretasi, — dan penyebarluasan informasi. Pada awalnya, perpustakaan lebih membahas tentang ilmu pengarsipan yaitu Kebijakan yang berkaitan dengan tata cara penataan sumber informasi dengan sen klasifikasi perpustakaan dan teknologi pendukungnya. Di samping is mn membahas tentang bagaimana pengguna jasa informasi ini Mengaksa, menelusuri, memanfaatkan informasi, etika dalam penataan dan pelayanan informasi, serta status legal dari suatu perpustakaan sebagai semip informasi. 


Saat ini ilmu perpustakaan merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti bahasa, psikologi, bukan, komputer, teknik komputer, komunikasi dan teknologi lain yang berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi. Ilmu perpustakaan juga mempelajari tentang manajemen koleksi, sistem informasi dan teknolog, katalogisasi, klasifikasi, cara pengawetan, referensi, statistika, teknik komputer, sistem informasi manajemen, manajemen basis data, arsitek informasi, dan manajemen pengetahuan menuju suatu perpustakaan digital Perubahan lingkungan seperti globalisasi, perkembangan Informasi Communication and Technology (ICT), iternet, meningkatnya nilai ekonom dan sosial dari informasi, berkembangnya pasar kerja, masuknya kelompok profesional yang kompetitif ke dalam sektor informasi telah membawa kepada transformasi jasa informasi dari manual ke elektronik. 


B. TUGAS POKOK, FUNGSI, DAN PERAN PERPUSTAKAAN 


Setelah menguraikan pengertian tentang ilmu perpustakaan dan ing informasi di atas, berikut akan diuraikan tugas pokok, fungsi, dan peran perpustakaan. 


1. Tugas Pokok Perpustakaan Sesuai dengan pengertian di atas maka dapat disebutkan bahwa tugas pokok perpustakaan adalah 

a. mengumpulkan/mengadakan bahan pustaka, 

b. mengolah/memproses bahan pustaka dengan sistem tertentu, 

c. menyimpan bahan pustaka dengan sistem file agar mudah dan trd dalam proses temu kembali: 

d. mmendayagunakan/melayankan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat pengguna/pemustaka: 

e. memelihara/melestarikan bahan pustaka. 


2. Fungsi Perpustakaan 

Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi yang mempunyai  fungsi sebagai berikut. 

a Pusat informasi. Sebagai pusat informasi, perpustakaan berfungsi menyediakan berbagai Informasi dan tempat memperoleh informasi bagi muava rakyat yang membutuhkan. 

b. Pusat layanan referensi. Sebagai pusat Layanan referensi, perpustakaan berfungsi menyimpan dan temu kembali referensi yang dibutuhkan pengguna 

c. Pusat penelitian. Sebagai pusat penelitian, perpustakaan berfungsi menjadi tempat dan menyediakan informasi dari berbagai bidang ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai kegiatan penelitian ilmiah oleh para peneliti. 

d. Pusat kerjasama antar perpustakaan. Perpustakaan juga berfungsi melakukan kerja sama dan saling melengkapi antar perpustakaan dalam menyediakan koleksi, informasi, dan jasa perpustakaan lainnya. 

e Sarana pendidikan (pusat kegiatan belajar mengajar) perpustakaan menjadi tempat dan menyediakan sarana untuk belajar baik di Lingkungan formal maupun non formal. 

f Sarana kultural. Fungsi rekreasi, masyarakat dapat menikmati rekreasi kultural dengan membaca dan mengakses berbagai sumber informasi hiburan seperti novel, cerita rakyat, puisi, dan sebagainya. Perpustakaan juga mengembangkan apresiasi budaya masyarakat melalui berbagai aktivitas seperti pameran, pertunjukkan, bedah buku, mendongeng, seminar, dan sebagainya. , 

g Tempat Preservasi. Sebagai pusat preservasi, perpustakaan berfungsi melakukan pengumpulan, perbaikan, pengawetan, penyimpanan naskah naskah kuno atau naskah yang harus dilestarikan keberadaannya untuk kepentingan di masa mendatang. 


3. Peran perpustakaan

Peran Perpustakaan Dengan memahami tugas pokok dan fungsi perpustakaan maka perpustakaan mempunyai peran sebagai berikut. 

a. Menjadi media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan. 

b. Menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca serta membangkitkan kesadaran pentingnya belajar sepanjang hayat. 

c. Mengembangkan komunikasi antara pemakai dan atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan maupun komunikasi ilmiah lainnya. 

d. Motivator, mediator dan fasilitator bagi pemakai dalam usaha mencari, memanfaatkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. 

e. Berperan sebagai agen perubah, pembangunan, dan kebudayaan manusia. 


Ilmu perpustakaan adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, penyimpanan, temu kembali, interpretasi, dan penyebarluasan informasi. Sementara itu, Ilmu informasi mencakup cara bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali data dan informasi. Secara lebih luas, ilmu informasi merupakan bidang interdisipliner yang mempelajari ilmu perpustakaan dan ilmu-ilmu lainnya. 


Perpustakaan mempunyai tugas pokok, fungsi, dan peran dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dalam hubungannya dengan ilmu informasi dan perpustakaan. 


Ilmu Informasi dan Perpustakaan mempunyai ruang lingkup sebagai berikut. 

1) Teori, metode, dan evaluasi temu kembali/balik informasi: 

2) Bibliometrika: 

3) Komunikasi ilmiah dan transfer informasi dalam dunia pengetahuan: 

4) Rancang bangun atau desain serta evaluasi sistem informasi, 5) Produk dan jasa informasi khusus: 

6) Komputer sebagai gawai olah informasi: 

7) Representasi informasi, 

8) Pemakai dan penggunaan informasi: 

9) Berbagai aspek informasi, 

10) Peta ilmu perpustakaan dan informasi. 


Latihan Soal

1) Manajemen koleksi, sistem informasi, katalogisasi merupakan Materi yang dibahas dalam ilmu .... 

A. komunikasi 

B. kearsipan 

C. perpustakaan 

D. informasi 

Jawaban:

C Karena ilmu perpustakaan merupakan ilmu bidang interdisipliner selain membahas ilmu yang berkaitan seperti teknik komputer bahasa, komunikasi, juga membahas tentang manajemen koleksi, sistem informasi, katalogisasi. 


2) Interpretasi, analisis, simpan, dan temu kembali materi terdapat dalam lingkup ilmu .... 

A. komunikasi 

B. informasi 

C. komputer 

D. kearsipan 

Jawaban:

B, Karena ilmu informasi mencakup juga ilmu perpustakaan yang membahas cara interpretasi, analisis, simpan, dan temu kembali. 


3) Mendayagunakan bahan pustaka dan informasi kepada pemustaka merupakan salah satu .... 

A. fungsi perpustakaan 

B. peran perpustakaan 

C. tugas pokok perpustakaan 

D. tugas tambahan perpustakaan 

Jawaban:

C. Karena salah satu tugas pokok perpustakaan adalah mendayagunakan bahan perpustakaan dan informasi kepada pemustaka. 


4) Menjadi media antara perpustakaan dengan koleksi sebagai sumber informasi merupakan salah satu .... 

A. fungsi perpustakaan 

B. tugas pokok perpustakaan 

C. tujuan perpustakaan 

D. peran perpustakaan 

Jawaban:

D. Karena salah satu peran perpustakaan adalah menjadi media antara pemustaka dan koleksi sebagai sumber informasi, 


5) Penerapan metode matematika informasi, komunikasi, ilmu perpustakaan, dan statistika terhadap informasi terekam termasuk dalam ruang lingkup ilmu informasi dan perpustakaan dalam hal .... 

A. teori 

B. bibliometrika 

C. komunikasi ilmiah 

D. produk satu jasa informasi 

Jawaban:

B. Karena bibliometrika merupakan ilmu yang mempelajari tentang penerapan metode matematika, informasi, komunikasi ilmu perpustakaan, dan statistika, 

0 Response to "PENGERTIAN ILMU PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI "

Post a Comment