Serunya Car Free Day Bersama Perpusling Dinas Perpustakaan HST

Serunya Car Free Day Bersama Perpusling Dinas Perpustakaan HST

Minggu, 4 Agustus 2024, menjadi hari yang spesial bagi warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Di hari itu, Dinas Perpustakaan HST mengadakan layanan Perpustakaan Keliling (Perpusling) di sekitar Lapangan Dwiwarna saat Car Free Day (CFD). Mulai pukul 06.30 hingga 11.00, suasana di sana berbeda dari biasanya. Pengunjung CFD yang biasanya fokus berolahraga dan bersantai kini punya pilihan baru: menikmati buku-buku menarik yang disediakan oleh Perpusling.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari pengunjung CFD. Banyak yang penasaran dan antusias mencoba layanan Perpusling yang baru pertama kali hadir di CFD. Kehadiran Perpusling ini tak hanya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk membaca, tetapi juga menambah warna kegiatan CFD di HST. Siapa bilang membaca hanya bisa dilakukan di rumah atau perpustakaan? Di sini, di tengah keramaian CFD, membaca jadi aktivitas yang asyik dan menyenangkan.

Duta Baca Turut Meramaikan

Tidak hanya layanan Perpusling yang membuat acara ini menarik, tapi juga kehadiran para Duta Baca Hulu Sungai Tengah. Ahmad Magani, Mauizhatil Hasanah, Windri, dan Nina Rahilah hadir untuk meramaikan acara dan menginspirasi para pengunjung. Mereka tidak hanya sekedar hadir, tapi juga aktif berinteraksi dengan pengunjung, memberikan rekomendasi buku, dan bahkan berdiskusi tentang pentingnya literasi.

Ahmad Magani, salah satu Duta Baca, berbagi pengalamannya, "Ini adalah cara yang baik untuk mengajak lebih banyak orang membaca. Dengan hadir di CFD, kita bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang mungkin tidak punya waktu untuk datang ke perpustakaan." Kehadiran para Duta Baca ini benar-benar memberikan semangat dan motivasi bagi para pengunjung, terutama anak-anak dan remaja, untuk lebih gemar membaca.

Baca Juga:

HUT RI ke-79 Dimeriahkan Lomba Gerak Jalan di HST

Hadiah Seru untuk Anak yang Berani Bernyanyi dan Mendongeng

Kegiatan Perpusling di CFD kali ini juga diselingi dengan berbagai acara menarik yang bikin pengunjung betah berlama-lama. Salah satunya adalah pemberian hadiah bagi anak-anak yang berani tampil bernyanyi dan mendongeng. Ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Mereka dengan semangat menunjukkan bakat mereka, sementara pengunjung lain memberikan tepuk tangan meriah sebagai dukungan.

"Seru banget! Aku dapat hadiah karena berani mendongeng di depan teman-teman," ujar seorang anak yang mendapat hadiah. Aktivitas ini tidak hanya menghibur, tetapi juga melatih keberanian dan kreativitas anak-anak. Mereka belajar untuk tampil di depan umum, menyampaikan cerita dengan percaya diri, dan tentu saja, semakin mencintai dunia literasi.

Tidak hanya itu, selain Perpusling, ada juga layanan publik lainnya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang turut serta dalam acara ini. Mereka menyediakan layanan administrasi kependudukan seperti pembuatan KTP dan akta kelahiran. Selain itu, berbagai macam kuliner lezat juga tersedia, menambah keseruan acara CFD kali ini.

Baca Juga:

Bupati Hulu Sungai Tengah Berikan Bantuan Sosial untuk Lansia dan Disabilitas

Literasi di Tengah Keramaian

Mengadakan layanan Perpusling di CFD adalah salah satu solusi kreatif untuk mengatasi tantangan literasi di Indonesia. Di tengah kesibukan dan hiruk-pikuk kehidupan modern, minat baca masyarakat cenderung menurun. Namun, dengan membawa perpustakaan ke tengah masyarakat, khususnya di acara-acara keramaian seperti CFD, Dinas Perpustakaan HST berhasil menarik perhatian dan minat masyarakat terhadap literasi.

Kegiatan ini menunjukkan bahwa literasi bisa dipromosikan dengan cara-cara yang menyenangkan dan tidak konvensional. Pengunjung bisa menikmati buku-buku berkualitas di tempat yang tidak biasa, mendapatkan informasi dari Duta Baca, dan berpartisipasi dalam aktivitas yang merangsang minat baca anak-anak. Ini adalah langkah kecil tapi signifikan untuk membangun budaya literasi yang kuat di masyarakat.

Baca Juga:

Kang Deden Semarakkan  Hari Anak Nasional di Murakata Berdongeng Pandawan




0 Response to "Serunya Car Free Day Bersama Perpusling Dinas Perpustakaan HST"

Post a Comment