Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan Sekolah

Pengertian Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan sekolah yang merupakan bagian integral dari sekolah yang bersangkutan. Dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah yang bersangkutan.

Untuk itu unit perpustakaan sekolah selalu berafiliasi dengan lembaga pendidikannya baik sekolah swasta maupun sekolah milik pemerintah. Sebagai contoh adalah perpustakaan yang berada di SD 001 misalkan, maka akan dinamakan perpustakaan SD 001. Demikian juga perpustakaan yang berada di SMP Bina Bangsa misalkan, akan dinamakan perpustakaan SMP Bina Bangsa.

Perpustakaan yang berada di sekolah dasar maupun lanjutan harus dapat memberikan jasa layanan yang mendukung kebutuhan pemenuhan informasi para siswa dan para guru untuk mencapai tujuan kurikulum.

Dengan demikian dua perpustakaan sekolah mempunyai koleksi berupa buku-buku terbitan berseri serta media lainnya yang dianggap cocok untuk mendukung pendidikan di sekolahnya.


Dasar Hukum

Kemudian yang kedua kita akan berbicara masalah dasar hukum perpustakaan.

Dasar penyelenggaraan perpustakaan sekolah ini adalah sudah termaktub di dalam undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 yaitu tentang perpustakaan di sana dinyatakan sebagai berikut:

  1. Setiap sekolah ataupun Madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan, dengan memperhatikan standar nasional pendidikan.

  2. Wajib memiliki buku teks pelajaran yang ditetapkan sebagai buku teks wajib pada suatu pendidikan yang bersangkutan dalam jumlah mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. 

  3. Mengembangkan koleksi yang mendukung pelaksanaan kurikulum pendidikan.

  4. Perpustakaan sekolah ataupun Madrasah melayani peserta didik dan pendidik kesetaraan yang dilaksanakan di lingkungan satuan pendidikan yang bersangkutan lalu. 


Tujuan Perpustakaan

Tujuan diadakannya sekolah tujuan diadakannya perpustakaan sekolah itu adalah sebagai sumber belajar sekolah bersama dengan sumber belajar lainnya yang bertujuan mendukung proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. 

Hal ini sesuai dengan pendapat Ibrahim Bafadal yang menyatakan bahwa penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk bukan mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka saja, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar.

Pada umumnya perpustakaan diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan layanan informasi yang didapat yang dapat memuaskan bagi pengguna dan untuk menunjang pencapaian visi misi suatu badan atau organisasi ataupun instansi.

Dengan demikian penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka. Tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu murid murid dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar-mengajar.

Oleh sebab itu segala bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menunjang proses belajar mengajar. Agar dapat menunjang proses belajar mengajar maka dalam pengadaan buku pustaka hendaknya mempertimbangkan kurikulum sekolah serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah para siswa. 

Secara khusus diselenggarakannya perpustakaan sekolah itu dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mengembangkan minat kemampuan dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor kehidupan.

  2. Mengembangkan minat untuk mencari dan mengelola serta memanfaatkan informasi. 

  3. Mendidik murid agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan Kejaksaan secara tepat dan berhasil guna. 

  4. Meletakkan dasar-dasar kearah belajar mandiri. 

  5. Memupuk minat dan bakat.

  6. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.


Manfaat Perpustakaan

Perpustakaan Memberikan manfaat yang sangat luas, terutama bagi para siswa dan pengajar yang telah terbiasa mendapatkan informasi dari perpustakaan sekolah. Untuk itu kehadiran perpustakaan di sekolah beserta koleksinya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya melalui penambahan pengetahuan bagi guru dan siswa yang berada di sekolah tersebut.

Diantara manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah merangsang minat membaca baik pada guru dan siswa, karena membaca adalah sumber pengetahuan yang paling besar. Dari membaca seseorang bisa mendapatkan informasi yang barangkali belum pernah dilihat atau didengar nya secara lengkap dan akurat.

Adapun manfaat yang dapat dirasakan dari perpustakaan sekolah dalam dunia pendidikan baik untuk siswa ataupun pengajar adalah: 

  1. Membangkitkan kecintaan para siswa terhadap budaya membaca. 

  2. Memperkaya pengalaman belajar selain di ruang kelas. 

  3. Menanamkan kebiasaan Mandiri dan belajar sepanjang Hayat. 

  4. Mempercepat proses penguasaan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

  5. Membantu guru dalam memperoleh dan menyusun materi pembelajaran.

  6. Membantu kelancaran dalam menyelesaikan tugas sekolah serta.

  7. Mengikuti perkembangan iptek bagi seluruh civitas sekolah. 


Bentuk Organisasi dan Uraian Tugas Perpustakaan Sekolah 

Perpustakaan sekolah dalam lingkungan pendidikan sejajar dengan laboratorium maupun unit-unit lainnya. Perpustakaan merupakan satuan kerja organisasi badan atau lembaga. .

Satuan unit kerja tersebut dapat berdiri sendiri tetapi juga dapat merupakan bagian dari organisasi di atasnya yang lebih besar.

Perpustakaan yang berdiri sendiri seperti perpustakaan umum, UPT perpustakaan pada universitas dan Perpustakaan Nasional . Sedangkan perpustakaan yang merupakan bagian dari suatu organisasi yang lebih besar seperti perpustakaan kedinasan yang bergabung dengan suatu lembaga yang mengkoordinasikan. Dan perpustakaan sekolah yang bernaung dibawah lembaga pendidikan tersebut. 

Perpustakaan sekolah merupakan unit kerja yang bertugas melakukan kegiatan pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan pendayagunaan koleksi bahan perpustakaan untuk mendukung proses belajar mengajar.

Dalam pelaksanaannya perpustakaan mempunyai dua kegiatan yaitu layanan teknis dan layanan pengguna. 

Layanan teknis yaitu kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan pustaka. Sedangkan layanan pengguna yaitu  kegiatan yang memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan, seperti layanan sirkulasi, layanan rujukan, dan layanan pembaca. 

Tugas teknis pelayanan perpustakaan adalah memproses atau Mengelola bahan-bahan perpustakaan. Mulai dari inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi entry data bibliografi pembuatan kelengkapan buku memberi stempel dan lain sebagainya sehingga bacaan pustaka tersebut siap diserahkan kepada unit layanan membaca. 

Sedangkan tugas teknis pelayanan pengguna adalah melayani segala proses peminjaman dan penggunaan bahan-bahan pustaka dan memberikan bantuan informasi bagi siapa saja yang memerlukannya. 

0 Response to "Perpustakaan Sekolah"

Post a Comment