SOSIO KULTURAL PPPK 2022 8

SOSIO KULTURAL PPPK 2022 8


 

1. Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?
A. Takut dan trauma saat berada di jalan.
B. Tidak ambil pusing dengan kejadian tersebut.
C. Melaporkan aksi yang ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.
D. Hanya asyik menonton tanpa melakukan sesualu
E. Sebisa mungin mencari teman ketika melewati jalan tersebut.
Jawaban C


2. Jika atasan saya memberikan pendapat dan masukan kepada saya maka...
A. Saya tidak peduli karena saya sudah bekerja sesuai dengan kemampuan saya
B. Saya menerimanya dan mendengarkannya
C. Saya mengintrospeksi diri saya kemudian saya memperbaikinya
D. Pemimpin saya memang orangnya perfeksionis
E. Saya senang jika ada yang memberikan kritik dan saran pada saya
Jawaban C


3. Teman sekantor saya mengalami musibah, disaat yang sama ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, saya...
A. memprioritaskan teman saya, karena kami bagaikan keluarga
B. menunda pekerjaan saya dan pergi untuk melihat kondisinya
C. leman saya pasli mengerti jika saya sibuk
D. bersama teman-teman yang lain pergi untuk melihat kondisinya
E. menelefon untuk memastikan kondisinya lalu kembali bekerja
Jawaban E


4. Dalam situasi terjadi perdebatan karena perbedaan pendapat, biasanya saya ...
A. Meninggalkan ruangan karena saya tidak tahan mendengar perdebatan.
B. Berusaha menengahi agar perbedaan tidak terjadi berkepanjangan.
C. Berusaha memahami kedua belah pihak mengapa sampai terjadi perdebatan .
D. Memihak dengan orang yang sependapat dengan saya.
E. Diam dan mengikuti proses perdebatan sampai selesai.
Jawaban B


5. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayontas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalarn bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.
B. Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.
C. Meminta kepada baglan kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain.
D. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.
E. Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus dalam bekerja.
Jawaban D


6. Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga
punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda?
A. Menganggap perbedaan bukan masalah
B. Berusaha memahami perbedaan tersebut
C. Tidak memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas
D. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelonnpok
E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok
Jawaban E


7. Kalau kamu jadi ketua RT, terus ada tetangga perumahan baru nikah setahun istrinya WNA, suka
berjernur di depan rumah, nah, para warga terganggu sama sikap si WNA, akhirnya kamu bilang ke suaminya si WNA, kalau para warga gak nyaman dengan sikap istrinya yang suka berjemur di depan rumah itu, nah sekarang si WNA sudah gak pemah lagi bedemur di depan rumah, tapi warga tetap gak nyaman, kamu sebagai ketua RT apa yang akan kamu lakukan?
A. Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita
B. Kamu menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan antara WNA tersebut dengan kita para warga melalui pengajian, arisan (kegiatan masyarakat)
C. Kamu bersikap proporsional dan netral, tapi juga menjelaskan ke warga tentang perbedaan yang ada
D. Menasehati lagi si suami WNA kalau warga tidak nyaman dengan keadaan istri kamu
E. Membiarkannya saja
Jawaban A


8. Ketika anda makan disebelah anda ada orang yang bau badan, bagaiamana sikap anda?
A. Cepet cepet selesaikan makan lalu pergi
B. Cuek saja dan pura pura tidak terjadi apa apa
C. Biasa saja selagi tidak menganggu anda.
D. Menyuruhnya pindah tempal duduk. Dengan dalih akan ada sodara anda yang akan duduk
E. Mencari posisi yang enak dan nyaman agar anda tidak terganggu
Jawaban C


9. Anda ditunjuk sebagai memimpin sebuah rapat. Ada anggota rapat yang selalu menyela anda ketika presentasi berjalan. Sikap anda..
A. Biasa saja
B. Saya dengarkan argumentasinya dengan penuh rasa penasaran
C. Saya anggap dia orang yang aktif
D. Tidak peduli
E. Saya minta dia untuk mendengar presentasi saya lerlebih dahulu lalu memberikan argumentasi
Jawaban E


10. Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang
budaya, dan saya merasa...
A. Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok.
B. Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan alau saya perbuat didalam kelompok kerja.
C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.
D. Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.
E. Tidak cukup berani untuk rnenjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.
Jawaban C


11. Proses evaluasi yang berlangsung secara terus menerus dalam rangka pengendalian mutu
layanan biasa disebut ....
a. Pengendalian mutu layanan
b. Perencanaan mutu layanan
c. Pengelolaan mutu layanan
d. Pemantauan mutu layanan
e. Pemanfaatan mutu layanan
Jawaban d


12. Istilah untuk ukuran tertentu yang digunakan sebagai patokan mutu layanan adalah ....
a. Acuan
b. Baseline
c. Bakuan
d. Standar
e. Sandaran
Jawaban d


13. Proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang dilakukan secara langsung disebut ....
a. Advokasi
b. Pelayanan
c. Pendampingan
d. Asistensi
e. Konsultansi
Jawaban b


14. Dalam perspektif pemberian layanan terhadap masyarakat, yang dimaksud kesesuaian antara harapan dan kenyataan layanan adalah....
a. Bakuan layanan
b. Kinerja layanan
c. Standar layanan
d. Prestasi layanan
e. Kualitas layanan
Jawaban e


15. Tindakan seorang konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu produk pelayanan disebut ....
a. Kebiasaan konsumen
b. Kebutuhan konsumen
c. Kesenangan konsumen
d. Perilaku konsumen
e. Keinginan konsumen
Jawaban b

0 Response to "SOSIO KULTURAL PPPK 2022 8"

Post a Comment