Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 10
1. Jika anda adalah seorang dosen pembimbing. Salah seorang anak bimbingan anda tidak pemah hadir bimbingan untuk konsultasi skripsi karena memiliki permasalahan tertentu. Yang harus anda lakukan adalah...
A. Menguhubunginya lewat surat elektronik/telepon untuk menyuruhnya datang bimbingan
B. Menghubunginya lewat temannya untuk menyuruh datang bimbingan
C. Menghubunginya lewat telepon untuk menyuruhnya datang bimbingan
D. Mengabaikannya karena itu bukan tanggung jawab anda
E. Menghubunginya lewat surat elektronik untuk segera menyelesaikan skripsinya
Kunci Jawaban A
2. Dalam suatu kelompok, apa yang selalu anda tampilkan tentang diri anda?
A. Percaya diri yang tinggi dan ramah
B. Menjadi pusat perhatian dan tampil menonjol
C. Pihak yang selalu netral jika terjadi perdebatan
D. Pengamat dan pendengar yang baik
E. Mengikuti alur yang telah ada
Kunci Jawaban D
3. Wak Geng bekerja pada posisi sebagai penjaga yg mengatur antrian boarding pass di bandara. Bandara baru saja mengaplikasikan teknologi boarding pass yang baru dengan menggunakan computer. Saat ini kondisi penumpang sedang penuh sesak mengantri. Lalu, ada ibu-ibu membawa anak 5 tahun ikut antrian dan terlihat kebingungan membawa boarding pass. Tindakan Wak Geng yang tepat adalah..
A. Menyuruhnya ke bagian informasi agar dapat diajarkan cara menggunakan boarding pass terbaru tersebut
B. Mengeluarkan ibu itu dr antrian dan mengajarkan cara menggunakan boarding pass terbaru tersebut
C. menunjukkan meja bagian informasi jika kesulitan menggunakan boarding pass terbaru tersebut
D. membantunya dan mengajarkan menggunakan boarding pas terbaru tersebut dan memanggil teman lain menggunakan alat telekomunikasi untuk menggantikan tugas menjaga antrian
E. memanggil teman anda menggunakan alat komunikasi untuk mengganti mengatur antrian sementara anda mengajarkan ke ibu tentang boarding pas tersebut
Kunci Jawaban D
4. Guna menghalau efek negatif dari media sosial yg akan berpengaruh ke pekerjaan, sebagai seorang karyawan terbaik apa yg anda lakukan?
A. tidak menggubris apabila yg ada berkata kasar di media sosial
B. mempunyai 2 akun media sosial
C. membuat media sosial dengan nama samaran
D. menggunakan media sosial untuk melihat pekerjaan dan silaturahmi, tapi tidak di setting publik
E. menghapus semua media social
Kunci Jawaban D
5. Bang Mamed beserta keluarga baru pulang liburan tadi malam sehingga merasa sangat lelah. Pak Lurah mengajak Bang Mamed untuk ikut kerja bakti memperbaiki jembatan yang rusak. Istrinya melarang Bang Mamed mengikuti kerja bakti. Bang Mamed diminta beristirahat karena besok harus masuk kerja. Jika anda sebagai Bang Mamed, maka anda akan...
A. Mematuhi perintah istri
B. Mengikut kegiatan kerja bakti bersama warga
C. Mencari alasan untuk tidak mengikuti kerja bakti
D. Menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa membantu
E. Memberi makanan sebagai ucapan permohonan maaf pada warga
Kunci Jawaban B
Baca Juga:
Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 8
Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 9
6. Atasan anda hendak memindahkan anda ke cabang yang sama sekali tidak pernah anda kunjungi dan berada di daerah pedalaman, padahal anda adalah karyawan yang sudah lama mengabdi dan berprestasi dan anda cukup dekat dengan atasan...
A. Menolak dengan halus dan mengusulkan yang lain Saja.
B. Mencari alasan karena dekat dengan atasan jadi bisa di negosiasi
C. Bersedia dipindah tanpa membantah.
D. Mengusul kan karyawan yang lain saja kama anda merasa senior dan disegani di kantor
E. Berangkat dengan sangat terpaksa
Kunci Jawaban C
7. Ruang tunggu di rumah sakit tempat anda bekerja sudah tidak mampu lagi menampung pasien. Sebagai kepala bidang pelayanan, yang anda upayakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah...
A. Memecah beberapa tempat tunggu pasien
B. Mencari tempat yang lebih luas untuk menampung pasien lebih banyak lagi
C. Mengatur jam buka masing-masing poli agar tidak ada penumpukan pasien
D. Mendorong tenaga medis agar bekerja lebih cepat
E. Menata ulang bangku tempat tunggu pasien dengan mengedepankan kenyamanan dan daya tampung lebih banyak.
Kunci Jawaban E
8. Pada ujian kenaikan tingkat yang lalu, saya tidak Lolos dan hasilnya tidak memuaskan. Agar kali ini hasilnya baik, saya akan.....
A. Berlatih mengerjakan banyak soal agar terbiasa
B. Rajin berdoa mengharapkan mendapat nilai yang baik
C. Mengubah cara kerja agar mendapatkan hasil yang maksimal
D. Menggunakan cara kerja yang sama dengan sebelumnya
E. Rajin berlatih dan berdoa untuk mencapai nilai yang terbaik
Kunci Jawaban E
9. Roni adalah seorang karyawan yg memiliki dedikasi yg tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari Roni dihadapkan dengan pekerjaan yg sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yg sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan jika di posisi Roni?
A. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil asal asalan
B. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
C. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja
D. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak tersebut
E. Membawa tugas tersebut ke rumah dengan harapan di bantu istri
Kunci Jawaban D
10. Di balik kemajuan teknologi, ternyata memiliki dampak buruk, bagaimana sikap anda sebagai bawahan?
A. Wajar teknologi memiliki dampak buruk
B. Perlu memperketat peraturan
C. Perlu membatasi teknologi
D. Tidak mengikuti perkembangan teknologi
E. Mengikuti perkembangan dan tetap berhati-hati dalam penggunaannya
Kunci Jawaban E
11. Anda diutus oleh pimpinan kantor anda bertugas ke sebuah daerah yang tidak punya fasilitas teknologi informasi yg memadai, dan daerah tersebut memiliki masyarakat yang tidak paham teknologi informasi dan sebagian masyarakat meyakini bahwa pembangunan teknologi informasi belum begitu penting, sementara atasan anda memberikan tugas tersebut kepada anda sebagai tuntutan program yang mesti dilaksanakan, langkah anda adalah...
A. Mengedukasi masyarakat tersebut tentang perkembangan ICT saat ini penting bagi masyarakat indonesia.
B. Berkoordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur meskipun masyarakat masih bingung
C. Membangun infrastruktur IT yang memadai untuk digunakan masyarakat desa lalu kemudian mengadakan pelatihan pelatihan khusus
D. Menghormati kebudayaan daerah di desa tersebut bahwa bhineka tunggal ika penting, IT di desa tersebut belum terlalu bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
E. Melaporkan kepada atasan kantor anda yang sebenarnya bahwa kondisi desa tersebut belum siap untuk dibangun infrastruktur teknologi informasi.
Kunci Jawaban A
12. Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda?
A. Menganggap perbedaan bukan masalah
B. Berusaha memahami perbedaan tersebut
C. Memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas
D. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelompok
E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok
Kunci Jawaban E
13. Jika anda ditugaskan dalam pelayanan di suatu daerah yang anda belum terlalu bisa dengan bahasa daerah tersebut dan menemui ada seseorang yang meminta informasi dan anda padahal orang _ tersebut menggunakan bahasa campuran. apa yang anda lakukan....
A. melayani orang tersebut menggunakan bahasa daerah tersebut dengan terbata bata
B. melayani orang tersebut dengan berusaha menggunakan bahasa daerahnya
C. dengan melayaninya menggunakan bahasa resmi negara
D. meminta bantuan staf lain untuk menemuinya
E. melayaninya dengan menggunakan bahasa tubuh atau isyarat
Kunci Jawaban B
14. Jika anda ditugaskan atasan untuk menghadiri rapat yang didalamnya banyak konsultan konsultan yang besar dan anda duduk satu meja bersama mereka, apa yang akan anda lakukan.....
A. duduk sambil berbincang mengenai bisnis yang sedang dilaksanakan dan menukar pengalamannya
B. duduk dan mencoba memahami pembicaraan mereka supaya tau apakan ada celah untuk bekerja sama
C. menunggu sebentar supaya mereka menyapa saya terlebih dahulu agar mereka mempunyai inisiatif untuk bekerja sama dengan saya
D. mengajak bicara kepada mereka dan langsung mengajaknya untuk bekerja sama
E. mencatat hal hal yang penting supaya pengalaman mereka bisa diterapkan untuk mengembangkan perusahaan saya
Kunci Jawaban A
15. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal ini tersebut, saya tidak suka.......
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
C. Pekerjaan yang memecah belah kekompakan
D. Pekerjaan yang menantang
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
Kunci Jawaban C
0 Response to "Latihan Soal PPPK 2022 Kompetensi Manajerial 10"
Post a Comment