Pelatihan Pembuatan Telur Asin Perpustakaan Mekar Mulya Desa Argomulyo

Pelatihan Pembuatan Telur Asin Perpustakaan Mekar Mulya Desa Argomulyo

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong dalam melaksanakan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial telah melakukan beberapa kegiatan pelibatan masyarakat. Salah satunya kegiatan Pustaka Bisa, Akronim dari Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Kegiatan Pustaka Bisa yang pada tahun 2022 dilaksanakan sebanyak 44 kali, kegiatan Pustaka Bisa Ini meliputi kegiatan pelatihan membuat blog, pelatihan membuat cerita rakyat, pelatihan menulis drama, pertemuan komunitas, dan sebaginya yang dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong.

Pada Tahun 2023 ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan Perpustakaan Desa yang merupakan mitra dan Binaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong untuk melaksanakan kegiatan pelibatan masyarakat.

Salah satu Perpustakaa Desa binaan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong adalah Perpustakaan Mekar Mulya Desa Argomulyo Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong.

Bertempat di Perpustakaan Desa, Dilaksanakan  Pelatihan Pembuatan Telur Asin yang dilaksanakan tiga kali pertemuan yaitu tanggal 14, 15 dan 23 Februari ebruari 2023. Pelatihan ini diikuti oleh kelompok ibu-ibu dari sekitar  Desa Argomulyo. Sekti Mursini yang merupakan kader PKK Desa Argomulyo  bertindak sebagai Instruktur dalam pelatihan ini. Pelatihan ini terdiri dari tiga kali pertemuan.

Pada pertemuan  pertama, Ibu ibu peserta pelatihan dilatih untuk membuat telir asin original, kemudian di Pertemuan kedua pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan telur asin rasa pedas. Setelah pertemuan ke dua ini  ada jeda waktu sekitar seminggu untuk waktu peram telur tersebut. Pada pertemuan terakhir, baru peserta diajak untuk membuka hasil peraman telur tersebut, apakah berhasil membuat telur asin tersebut.

Jahroni, Aparat Desa Argomulyo yang mrupakan inisiator Kegiatan pelatihan Telur Asin ini mengungkapkan Pelatihan pembuatan telur asin ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta pnegalaman peserta untuk membuat telur asin. Namun akan lebih bagus lagi jika ada peserta pelatihan ini membuka usaha telur asin sendiri, sehingga tidak hanya pengetahuan saja yang didapat dari kegiatan di Perpustakaan, namun diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga atau masyarakatnya. 

Selain itu, diungkapkan Jahroni. Sebelumnya Perpustakaan Mekar Mulya juga telah melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dengan dengan Bantuan Dana CSR Adaro, Pelatiham Komputer dengan bekerja sama dengan LPK Widya Media, dan sebagainya.

Perpustakaan MekarMmulya juga kerap dijadikan tempat untuk pertemuan dan sosialisasi.  Bebagai kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk promosi serta meningkatkan minat baca masyarakat dan mengajak masyarakat untuk berkunjung dan berkegiatan ke perpustakaan desa. Sehingga manfaat perpustakaan desa tidak hanya meningkatkan pengetahuan masyarakatnya, melainkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

0 Response to "Pelatihan Pembuatan Telur Asin Perpustakaan Mekar Mulya Desa Argomulyo"

Post a Comment