Sejarah Singkat Hari Tani Nasional, 24 September

Sejarah Singkat Hari Tani Nasional, 24 September

Sejarah singkat tentang bagaimana hari tani nasional ini lahir atau tercipta, Penetapan hari tani nasional ini dimulai pada masa Presiden Soekarno. Di mana beliau menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 169 tahun 1963. Di mana Pilpres ini bertujuan untuk memuliakan rakyat Tani Indonesia. Setelah sebelumnya terbit undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang pokok-pokok agraria di mana undang-undang ini lahir setelah melalui proses yang sangat panjang Kurang lebih 12 tahun lamanya.


Baca juga: Mengenal Gejala Syndrom Post Power


Terbitnya undang-undang ini dimulai dengan rangkaian yaitu pembentukan panitia agraria tahun 1948 sampai pada rancangan secara luas 1960. Lalu lahirlah undang-undang tersebut sebagai amanat dari undang-undang 1945 pasal 33 ayat 3. Di mana bunyinya "Bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besar kemakmuran rakyat"


Baca juga: Memperingati Hari Maritim Nasional, 23 September


Akhirnya pada hari tani nasional ini apakah tujuan atau amanat yang diinginkan oleh undang-undang tersebut telah tercapai? Apakah regulasi hari ini benar-benar untuk kemakmuran petani? Apakah kebijakan pemerintah hari ini benar-benar mensejahterakan petani? Sekali lagi selamat hari tani nasional!

0 Response to "Sejarah Singkat Hari Tani Nasional, 24 September"

Post a Comment