Latihan Aerobik Untuk Tubuh

 Latihan Aerobik Untuk Tubuh

Olahraga aerobik berarti oksigen adalah dasar dari semua aktivitas fisik dan harus menjadi dasar latihan. Latihan aerobik memerlukan penggunaan oksigen, namun tidak mengeluarkan oksigen atau kekurangan oksigen. Olahraga aerobik dapat merangsang efek olahraga dan menghasilkan perubahan pada tubuh manusia .

Jantung akan lebih kuat dan memompa darah lebih banyak. , dan detak jantung secara bertahap menurun seiring dengan frekuensi. Demikian pula suplai darah ke seluruh tubuh akan meningkat dan volume darah secara keseluruhan akan meningkat. Yang lebih penting adalah dengan latihan ini, paru-paru akan mulai memproses lebih banyak udara dengan lebih sedikit tenaga atau tenaga. Dapat dikatakan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan sel, tempat terjadinya kompetisi oksigen. makanan untuk menghasilkan energi. Dengan cara ini, konsumsi oksigen bisa meningkat sehingga daya tahan tubuh pun bisa meningkat.

Efek latihan aerobik mulai terlihat ketika seseorang sudah bisa melampaui titik anaerobik. Sebagai misal, pada orang yang melakukan olahraga golf, pengaruh aerobik mulai timbul bukan pada waktu orang mengayunkan tongkat atau meringankan otot lengan serta bukan pada waktu mulai berjalan mendekati bola, melainkan pada waktu orang berjalan lebih-dari mil naik turun bukit.

Pengaruh latihan aerobik sesungguhnya mulai timbul, menurut penelitian selama empat tahun jika latihan itu dilakukan lebih dari 20 menit untuk menghasilkan tingkat frekuensi denyut jantung 150 kali per menit. Apabila latihan hanya dilaksanakan 12-20 menit perhari maka latihan harus cukup berat, untuk mencapai tingkat frekuensi denyut jantung 50 kali per menit atau lebih. Jadi, jumlah keseluruhan waktu latihan bergantung pada konsumsi oksigen. Bentuk latihan aerobik yang mempunyai nilai lebih besar adalah lari, sebab aktivitas ini lebih efektif.

Semua latihan jasmani tersebut di atas, masing-masing mendapatkan nilai 5, apabila seseorang melakukan salah satu jenis latihan itu Setiap hari, enam kali 1 minggu maka ia akan mendapatkan latihan yang dibutuhkan (akan mendapat nilai 30). Ini untuk menghasilkan dan memelihara pengaruh latihan yang baik dalam tubuh . Untuk menghindari kebosanan, sebaiknya lakukan olahraga bervariasi yang memberi nilai sama: misalnya seminggu lari, berenang, bersepeda, bola tangan, dan jalan kaki. Aturan lain berdasarkan hasil penelitian adalah orang harus mencetak setidaknya 30 poin dalam seminggu; yang berarti berlatih minimal 4 kali seminggu atau melakukannya sehari sekali.

Manfaat latihan akan mulai berkurang jika Anda mendapatkan skor di bawah minimum, yaitu di bawah 30. Tidak masuk akal untuk mencoba mendapatkan 30 poin dalam suatu hari dan kemudian berhenti berlatih selama 6 hari berikutnya. Skor 30 harus dicapai dalam waktu minimal 4 hari jika kebugaran jasmani ingin dicapai melalui latihan aerobik dasar. Namun, sebelum melakukan senam aerobik, seseorang sebaiknya mempelajari kondisi kesehatannya. sendiri agar tidak dimulai terlalu cepat dan tidak membahayakan kondisi fisik yang buruk.

0 Response to " Latihan Aerobik Untuk Tubuh"

Post a Comment