Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Hadir di Rutan Barabai

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Hadir di Rutan Barabai


Di balik jeruji besi dan beton, di tengah keterbatasan akses komunikasi dan informasi, ada semangat yang tak terpadamkan untuk mengejar pengetahuan. Jum’at pagi, 3 Mei 2024, menjadi hari istimewa bagi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Barabai, karena mereka menyambut kedatangan Mobil Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kehadiran mobil ini menjadi hembusan udara segar yang mengusir kebosanan dan menghidupkan semangat belajar di tengah-tengah mereka.
Dalam keadaan terbatasnya ruang gerak, perpustakaan keliling menjadi oase kecerdasan dan imajinasi bagi para warga binaan. Subhan, petugas perpustakaan keliling, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program rutin yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan. Tidak hanya sekedar membawa buku-buku, tetapi mobil perpustakaan keliling ini juga membawa semangat untuk menggali potensi diri melalui literasi.
Asiah Aryanie, pustakawan Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang terlibat dalam kegiatan ini, menjelaskan bahwa kehadiran perpustakaan keliling adalah bentuk komitmen dari pemerintah daerah dalam memberikan layanan literasi kepada masyarakat, termasuk kepada warga binaan. Dalam suasana akses informasi yang terbatas, minat baca warga binaan Barabai ternyata cukup tinggi. Antusiasme mereka dalam mengunjungi dan meminjam buku dari koleksi perpustakaan keliling menjadi bukti nyata akan hal ini.
Diharapkan, kehadiran perpustakaan keliling tidak hanya mendorong minat baca, tetapi juga menjadi wadah pembelajaran bagi warga binaan. Pengelola perpustakaan keliling juga bekerja sama dengan Rutan Barabai untuk memperbaharui koleksi buku secara berkala. Rusdi, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Barabai, menjelaskan bahwa setiap kali kedatangan mobil perpustakaan keliling, koleksi buku di Rutan selalu diperbaharui, memberikan kesempatan bagi warga binaan untuk terus mengakses bahan bacaan yang baru dan segar.
Karutan Barabai, Gusti Iskandarsyah, menyambut baik kehadiran perpustakaan keliling ini. Baginya, minat baca yang ditanamkan kepada warga binaan akan membuka wawasan mereka dan membantu dalam proses pembinaan. "Semakin sering warga binaan membaca, semakin luas pengetahuan yang mereka miliki. Ini akan membantu mereka ketika kembali ke masyarakat nantinya," ujarnya.
Tak hanya itu, atensi dari Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Taufiqurrahman, juga terhadap upaya meningkatkan pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan. Kerjasama antara perpustakaan keliling dengan Rutan Barabai merupakan salah satu langkah konkrit dalam mewujudkan hal ini. Harapannya, sinergi antar stakeholder ini dapat terus berjalan dan memberikan dampak positif bagi pembinaan warga binaan.
Dalam dunia yang penuh dengan batasan dan keterbatasan, kehadiran perpustakaan keliling menjadi cahaya kecil yang memberikan harapan dan inspirasi. Di balik dinding-dinding penjara, di tengah ruang yang sempit dan terbatas, ada dunia yang luas dan tak terbatas yang bisa dijelajahi melalui halaman-halaman buku. Dan di sinilah peran perpustakaan keliling menjadi begitu penting, membawa kecerdasan, harapan, dan kemungkinan-kemungkinan baru bagi mereka yang mungkin terlupakan oleh dunia luar.
Baca Juga:

0 Response to "Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Hadir di Rutan Barabai"

Post a Comment