Tips Membaca Buku Di Ruang Publik

Tips Membaca Buku Di Ruang Publik

Apakah Anda sering merasa sulit untuk berkonsentrasi saat membaca di ruang publik? Tidak perlu khawatir lagi! Dalam prolog ini, kita akan membuka pintu menuju dunia membaca yang lebih produktif di tengah hiruk-pikuk ruang publik. Dari menemukan tempat yang tenang hingga memilih bahan bacaan yang sesuai, artikel ini akan memberikan serangkaian tips praktis untuk meningkatkan pengalaman membaca Anda di tempat-tempat umum. Bersiaplah untuk menemukan cara yang efektif dan menyenangkan untuk menikmati buku-buku favorit Anda di tengah keramaian, sambil tetap mempertahankan fokus dan konsentrasi yang optimal.

1. Selalu Membawa Buku 

Prinsip penting: “bawa buku dahulu, dibaca kemudian." Hal ini cukup mempermudah  untuk menerapkan budaya membawa buku kemana pun pergi. Apakah nanti akan dibaca atau tidak itu urusan belakangan. Sedikit merepotkan, ya? Untuk apa dibawa jika tidak dibaca? Nyatanya, prinsip ini membantu  untuk membaca buku ketika merasa bosan di ruang publik. Tidak perlu merasa menyesal dan lebih mati kutu lagi karena tidak membawa buku. 

2. Membawa Buku Tipis Sesuai Preferensi 

Buku tipis - mempermudah gerak di ruang publik. Alangkah baiknya, buku yang dibawa sesuai dengan preferensi pribadi. Hal ini penting karena ketika kita merasa tertarik dan menguasai topik yang dibahas di dalam buku, kita jauh lebih percaya diri untuk membacanya di ruang publik.

3. Bangun Situasi yang Nyaman 

Kita berada di ruang publik, maka segala sesuatu yang ada di sekitar berada di luar ranah kita. Kita pun akan merasa kesulitan apabila terus mencari tempat yang nyaman. Maka dari itu, kita yang harus membangun situasi membaca yang nyaman untuk diri sendiri. Contohnya selalu mendengarkan musik sambil membaca buku jika situasi di sekeliling kurang kondusif. Hal ini membantu untuk meredam kebisingan dan lebih fokus untuk membaca buku. 

4. Latihan 

Rasa malu dan takut dibicarakan oleh orang lain merupakan hal yang menjadi penghambat bagi kita untuk membaca buku di ruang publik. Resepnya hanya satu: latihan. Latihan membuat kita tahu bahwa sebenarnya rasa malu dan takut hanya ada di pikiran saja. Orang lain tidak menaruh perhatian kepada kita, karena mereka pun sibuk dengan urusannya masing-masing. Semua orang pernah merasakan hal serupa. Pun, semua orang pernah memulainya dari 0. Jadi, jangan letih untuk terus latihan membaca di ruang publik.


0 Response to "Tips Membaca Buku Di Ruang Publik"

Post a Comment