Ini 3 Syarat Utama Mengajar Anak Membaca

Ini 3 Syarat Utama Mengajar Anak Membaca


Kita tidak bisa langsung meminta anak belajar membaca, ya. ' Gak bisa kalau tiba-tiba anak disodori berlembar-lembar worksheet atau buku 30 Menit Pintar Membaca dan sejenisnya. 

Menurut mbak Vidya Dwina Paramita, penulis buku Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja, ada 3 syarat utama pengajaran membaca anak usia dini. Apa saja sih? 

1) Merupakan kegiatan Yang Menyenangkan 

Ini perlu menjadi perhatian para Orang Tua maupun guru, membaca maupun belajar membaca harus menjadi kegiatan yang menyenangkan. Poin ini bisa menjadi investasi jangka panjang. Karena kelak akan menjadikan anak seseorang yang gemar membaca, sepanjang hayat. Jangan sampai saat belajar membaca suasananya jadi tegang, ' mencekam, dan anak penuh dengan | tekanan, ya.. 

2) Merupakan Kegiatan yang Bermakna

Tujuan utama membaca apa sih? Tentu saja memahami makna bacaan yang dibaca. Pastikan anak mampu mengkorelasikan bentuk huruf, bunyi, dan maknanya. Makanya, di tahap teknis membaca gak ada tahap mengeja seperti ma, mi, mu, me, mo dan sejenisnya. Anak bisa langsung diajak membunyikan huruf hingga menjadi kata yang maknanya telah ia pahami sebelumnya. 

3) Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Anak

Perlu diingat, masing-masing anak memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Meski ada acuan milestone, tapi sebetulnya kalau dalam Montessori, anak dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajarnya masing-masing. Gak ada istilah terlalu cepat atau terlalu lambat. Ini belajar membaca, bukan lagi balap karung.

Sebagai orang tua maupun guru perlu melakukan observasi terhadap perkembangan kemampuan anak, sudah sampai sejauh mana? Selain itu, setidaknya perhatikan juga kesiapan anak untuk belajar membaca. 

Seperti sudah memahami minimal 100 kata, dapat berkomunikasi dua arah, memahami jalan cerita yang dibacakan, dapat membedakan bentuk geometri, mampu mengklasifikasikan objek berdasarkan persamaan dan perbedaannya, serta memahami konsep sebab akibat sederhana. 

Jika minimal ada 4 poin yang dikuasai oleh anak, maka tandanya anak sudah siap untuk mulai belajar membaca. Apabila belum, sebaiknya jangan dipaksakan, ya. Tingkatkan lagi stimulasinya agar anak dapat menguasai minimal 4 poin tersebut. 

Sekali lagi, pastikan kegiatan belajar membaca anak merupakan kegiatan yang menyenangkan, bermakna, dan sesuai dengan tahapan usia anak. 


0 Response to "Ini 3 Syarat Utama Mengajar Anak Membaca"

Post a Comment