Kadis Kominfo Tabalong Luncurkan Internet Gratis Saat MPLS di SMAN 1 Tanjung

Kadis Kominfo Tabalong Luncurkan Internet Gratis Saat MPLS di SMAN 1 Tanjung

Pada Senin, 15 Juli 2024, Kadiskominfo Kabupaten Tabalong, Ir HM Noor Rifani, menyerahkan bantuan wifi gratis ke SMAN 1 Tanjung. Di hari yang sama, Ir HM Noor Rifani menjadi pembina upacara pengibaran bendera merah putih di sekolah tersebut. Selain itu, Haji Fani, sapaan akrab nya, juga membuka secara resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa dan siswi baru SMAN 1 Tanjung.
Acara ini juga menandai peluncuran program Free Internet Access for Tabalong Smart City di SMAN 1 Tanjung. Para guru, orangtua, dan wali pelajar yang baru masuk turut menandatangani Deklarasi Anti Kekerasan, menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif.

Kabupaten Tabalong telah dipilih oleh Kementerian Kominfo RI pada tahun 2019 sebagai roll model implementasi Smart City di Indonesia. Prestasi ini semakin diperkuat dengan keberhasilan Tabalong Smart City menjadi yang terbaik di Provinsi Kalimantan Selatan dan masuk delapan besar terbaik nasional pada tahun 2023.
Saat ini, ada 145 menara BTS milik provider di Kabupaten Tabalong, tersebar di 12 kecamatan. Selain itu, tujuh menara didirikan oleh BAKTI Kementerian Kominfo dan delapan tower penguat sinyal dibangun oleh Diskominfo Kabupaten Tabalong di desa-desa terisolir.
Pemerintah daerah juga telah menyediakan 25 titik internet gratis di ruang terbuka hijau publik, fasilitas pendidikan, dan ruang publik lainnya, termasuk free hotspot di SMAN 1 Tanjung. Infrastruktur telekomunikasi di Kabupaten Tabalong akan terus dikembangkan untuk menghilangkan kawasan blank spot.
Haji Fani mengajak para siswa dan siswi untuk memanfaatkan dan memaksimalkan internet di era digitalisasi ini. Tabalong diharapkan akan menjadi serambi depan, penyangga daerah Ibu Kota Nusantara (IKN). Generasi muda diharapkan mampu meningkatkan kapasitas diri melalui fasilitas internet gratis ini, yang diharapkan juga akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Sebagai Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Tanjung, Ir HM Noor Rifani juga menyampaikan bahwa enam SMAN sederajat telah terkoneksi dengan internet gratis dari Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong. Fasilitas internet gratis ini akan terus diupayakan bagi SMAN sederajat lainnya di Kabupaten Tabalong sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

0 Response to "Kadis Kominfo Tabalong Luncurkan Internet Gratis Saat MPLS di SMAN 1 Tanjung"

Post a Comment