Resensi Novel 5 Cm

Resensi Novel 5 Cm



Identitas Novel

Judul Novel: 5 Cm
Penulis: Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo
Tebal buku: 381 halaman
Tahun Terbit: 2005


Sinopsis

Novel ini berkisah mengenai persahabatan 5 orang bernama Zafran, Genta, Arial, Ian, dan Riani. Perbedaan karakter dari kelimanya membuat alur cerita makin menarik. Selain itu, mereka juga memiliki mimpi masing-masing.

Riani, sosok perempuan satu-satunya dari kelompok tersebut kerap menjadi pembeda. Persahabatan yang telah terjalin selama 7 tahun kemudian mulai mengalami masa-masa jenuh. Maka dari itu, kelimanya bersepakat untuk tidak bertemu dalam kurun waktu tertentu dan berjanji bertemu di tempat yang telah ditentukan.

Ada rencana di balik pertemuan itu, yakni perjalanan panjang untuk naik ke puncak Mahameru. Dalam perjalanan itu, mereka pun menemukan arti kehidupan sesungguhnya, mulai dari pertengkaran, kebersamaan, dan tujuan hidup. 

Pada akhirnya, kelima sahabat ini mampu menggapai mimpi masing-masing.


Kelebihan

Penuturan sederhana dan bahasa yang mudah dimengerti sehingga pembaca mudah memahami dan terbawa alur cerita. Selain itu, ada pula motivasi kepada pembaca untuk mengubah mimpi yang dirasa cukup sulit untuk menjadi kenyataan.


Kekurangan

Alur cerita di akhir menggambarkan kebahagiaan dari masing-masing karakter. Namun, kesan akhir cerita ini cukup menggantung dan terasa dipaksakan. Hal ini tergambar dari pembentukan keluarga serta keturunan yang umurnya sebaya.

0 Response to "Resensi Novel 5 Cm"

Post a Comment