ASAL USUL NAMA DESA TALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN ASAL USUL DESA SUNGAI WANGI

 ASAL USUL NAMA DESA TALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN ASAL USUL DESA SUNGAI WANGI


Desa Talan adalah sebuah desa yang bisa dikatakan terpencil. desa tersebut berada cukup jauh dari keramaian luar atau pusat kota kelua nya, ternyata jalanan yang ada disana masih tergolong kurang nyaman, walaupun begitu warga penduduk disana ramah-ramah. Asal Muasal dingarani Desa Talan adalah :

Menurut "Nara Sumber" Ilmi mengatakan bahwa dulu kala di desa itu ada seorang warga yang pergi memancing kehutan menggunakan perahu (jukung). Setelah sekian lama memancing, untuk melepaskan penatnya, orang tersebut rebahan di perahunya dan akhirnya tertidur pulas, tiba-tiba datang seekor ular raksasa yang saking besarnya ular tersebut mampu menelan bulat-bulat orang tersebut beserta perahunya.

ketika terbangun orang tadi terkejut karena suasana gelap dan ternyata dia menyadari bahwa dia berada di dalam perut seekor ular raksasa, kemudian diambilnya parang yang ia miliki dan dengan sebilah parang tersebut ia mampu keluar dari dalam perut ular raksasa. Ular tersebut pun mati dan hanyut di Sungai.

Cerita ini berhubungan dengan cerita dibawah Asal Muasal Desa Sungai Wangi.

Setelah Kejadian itu orang tersebut pulang ke kampung nya dan dia menceritakan semua kisahnya tersebut kepada warga kampungnya, Talan artinya Menelan, yang bisa diartikan adalah Ular raksasa tadi yang menelan bulat-bulat perahu/jukung beserta orang dalam perahu tadi.


DESA SUNGAI WANGI

Desa Sungai Wangi adalah sebuah desa kecil yang masih memiliki nuansa alam yang natural, pepohonan yang hijau, air yang segar, sawah yang menghampar luas dan suara kicau burung masih dimiliki oleh Desa ini, warna air sungai dari desa ini adalah hitam kecoklat-coklatan, sangat berbeda jauh dengan warna dari air sungai pada umumnya.

Mata pencaharian warga setempat kebanyakan adalah bertani dan bercocok tanam, namun ada juga yang berdagang dan memilih usaha yang lainnya. Asal Muasal dingarani Desa Sungai Wangi adalah:

Nara Sumber "Angah Ifan dari banua Rantau" mengatakan bahwa Sebelum dinamai Sungai Wangi, desa ini sempat diberi gelar Kampung Babawu (Kampung yang beraromakan bau busuk) hal ini disebabkan karena pada kampung tersebut telah mati seekor ular raksasa yang sangat besar dan tersangkut di ranting-ranting pohon pinggir sungai, di Desa Sungai Wangi tersebut. Bau busuk yang dikeluarkan ular besar tersebut sangat menyengat dan merebak luas di kampung tersebut, para penduduk yang melewati kampung itu mengatakan bahwa ini adalah kampung bebawu, walaupun oleh warga setempat ular besar itu sudah dibuang jauh dari sungai, namun bau busuknya tidak hilang begitu saja seperti makan cabe langsung merasa pedas, bau busuknya berangsur-angsur hilang sedikit demi sedikit karena saking besarnya ular yang mati tersebut. Pada tahun 80-an warga setempat dan (tutuha kampung) akhirnya sepakat merubah sebutan desa mereka Kampung Bebawu itu menjadi Sungai Wangi.

0 Response to "ASAL USUL NAMA DESA TALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN ASAL USUL DESA SUNGAI WANGI"

Post a Comment