5 Skill Unik Pustakawan Selain "Menyusun Buku"

 5 Skill Unik Pustakawan Selain "Menyusun Buku"

Mungkin Sebagian dari kita mengetahui tugas Pustakawan hanya mengurus buku. Bagaimana mengolah buku dari buku itu datang ke perpustakaan hingga buku tersebut selesai diolah dan dapat dilayankan kepada pemustaka. Namun selain hal tersebut ada juga kemampuan skill yang harus dimiliki oleh pustakawan, terutama untuk memberikan layana terbaik untuk pemustaka. Skill tersebut diantaranya:

1. Storytelling:

Lewat kemampuan storytelling, pustakawan mampu menghidupkan cerita dan membagikannya dengan cara yang menarik kepada pendengarnya. Menjadikan pengalaman membaca jadi lebih menarik.

2. Literasi Informasi:

Yang dimaksud dengan literasi informasi di sini adalah kemampuan pustakawan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan dan berbagi informasi. Dengan demikian, pustakawan dapat membantu pemustaka untuk mengembangkan kemampuan kritis dalam mengakses dan memahami informasi yang tersedia.


3. Public Speaking:

Pustakawan wajib hukumnya untuk memiliki kemampuan berbicara di depan publik dengan baik. Skill ini biasa digunakan baik ketika di acara mendongeng, presentasi, maupun kursus pelatihan. Kemampuan ini memungkinkan pustakawan untuk berkomunikasi dengan jelas saat berada di depan khalayak umum (pengunjung perpustakaan).

4. Riset dan Kurasi Informasi:

Skill ini mencakup kemampuan untuk melakukan riset dan mengumpulkan informasi secara sistematis. Pustakawan yang ahli dalam riset dan kurasi informasi bisa membantu pengguna perpustakaan dalam menemukan sumber daya yang relevan & valid, serta informasi yang berkualitas.


5. Services:

Pustakawan yang baik akan selalu siap melayani kebutuhan para pengunjung perpustakaan. Layanan seperti memberikan saran dan bantuan kepada pemustaka; memberikan rekomendasi bacaan, dan menawarkan solusi untuk pertanyaan atau masalah pemustaka.

0 Response to "5 Skill Unik Pustakawan Selain "Menyusun Buku""

Post a Comment