Anak Muda di Kalimantan Selatan Diajak untuk Memahami Literasi Keuangan

Anak Muda di Kalimantan Selatan Diajak untuk Memahami Literasi Keuangan

Forum Wartawan Ekonomi Kalimantan Selatan (FWE Kalsel) mengadakan Goes To Campus 2024 di Kampus STIE Pancasetia, Kota Banjarbaru. Tujuannya, mendorong peningkatan Literasi Keuangan dari kalangan anak muda. Kegiatan ini didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel (KPw BI Kalsel), Bank Kalsel dan Pertamina Patra Niaga.

Narasumber yang diundang, yakni Kepala Bagian EPK OJK Regional 9 Wilayah Kalimantan Biena Hairlambang. Kemudian dari Bank Kalsel, yaitu Kepala Bagian Dana Retail Januar Pujiasymi dan Senior Asisten Manager Bagian Dana Retail Septy Farina Ayu. 



Sedangkan dari KPw BI Kalsel adalah Asisten Penyelia Perkasan Layanan Bank dan Non Bank, Nampati Y Ginting dan Administrator Perkasan Pengolahan dan Pemusnahan Rizki Rahmatullah. Moderator, dosen STIE Pancasetia, Tina Lestari, SE, MM.

Ketua FWE Kalsel, Arief Rahman, berharap, melalui kegiatan ini para anak muda, khususnya mahasiswa dan mahasiswi di STIE Pancasetia dapat semakin memahami terkait Literasi Keuangan.

Hal ini baginya penting agar mereka tidak mudah terjebak pinjol, tidak menjadi pelaku dan tertipu investasi bodong, hingga dapat mengelola keuangannya dengan baik untuk hal-hal yang sifatnya produktif. “Dengan demikian, mereka tidak terjebak menjadi strawberry generation yang dilihat menarik, tapi rapuh di dalam. Namun,  mampu bertransformasi menjadi generasi tangguh yang siap menjadi bagian Indonesia Emas pada 2045,” tegasnya.


Baca Juga: Perpustakaan BI Kalsel Meraih Akreditasi A dari Perpusnas Republik Indonesia


Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Kalimantan Selatan (LPM Kalsel), Dr Sutrisno, SE., MM, menyambut baik kegiatan yang digelar  FWE Kalsel di Kampus STIE Pancasetia Banjarbaru. “Ini sangat baik agar mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya dijejali berbagai pelajaran dari kampus saja terkait literasi keuangan, tapi juga dapat pengetahuan baru dari lembaga yang terkait langsung terhadap literasi keuangan,” bebernya.

Dia berharap ke depannya kolaborasi semacam ini dapat terus dijalin oleh STIE Pancasetia Banjarbaru, tidak terkecuali dalam bidang lainnya. Hal itu agar kampus ini dapat terus berkembang dan bertransformasi menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Deputi Direktur MS EPK dan Kemitraan Pemda OJK Regional 9 Kalimantan, Abidir Rahman, menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk semakin mengimbangi antara akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan dengan Literasi Keuangan masyarakat. “Karena selama ini masih ada perbedaan yang cukup jauh. Makanya, masih rentan terhadap berbagai masalah terkait masalah jasa keuangan maupun industri keuangan, khususnya yang ilegal,” urai dia.


Baca juga: Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan Tanggal 14 September


Sementara itu, Kepala Divisi Dana dan Digital Banking Bank Kalsel, Suriyadi, mengaku senang dengan adanya kegiatan semacam ini. Salah satunya, sebagai bentuk konkrit dukungan Bank Kalsel dalam mengkampanyekan gerakan pandai Literasi Keuangan, salah satunya dalam hal menabung.

“Kami berharap melalui kegiatan ini anak muda dapat semakin memahami terkait literasi keuangan agar mereka bisa menjadi generasi gemilang kebanggaan banua dan bangsa,” tukasnya.

0 Response to "Anak Muda di Kalimantan Selatan Diajak untuk Memahami Literasi Keuangan"

Post a Comment