Seputar Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober

Seputar Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10  Oktober

Setiap tanggal 10 Oktober masyarakat dunia memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Tujuan diadakan peringatan ini agar setiap individu memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mendukung mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan mental.

Sebagaimana kita tahu, menjaga kesehatan menjadi salah satu hal paling penting yang perlu menjadi perhatian setiap orang. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga setiap hari. Pentingnya menjaga kesehatan mental sebab jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun.


Baca juga: Seputar Hari Pos Sedunia 9  Oktober


Berbagai acara atau event diselenggarakan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental dan mendukung mereka yang tengah berjuang menghadapi gangguan ini.


Sejarah Singkat Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Peringatan ini sudah dimulai sejak tahun 1992 silam. Peringatan ini diinisiasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal World Federation For Mental Health (WFMH), Richard Hunter. Tujuan diadakan peringatan ini secara umum untuk mempromosikan kesehatan mental dan mendidik masyarakat terkait isu-isu di sekitar.


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan Mental


Dalam tiga tahun pertama, kegiatan utama yang dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah siaran televisi dua jam secara global melalui sistem satelit badan Informasi AS dari studio Talahassee, Florida. Acara ini diikuti berbagai negara dengan telepon. Beberapa negara yang ikut peringatan ini, di antaranya Chili, Australia, Inggris, dan Zambia.


Cara Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Sebagaimana kita tahu, tujuan diadakannya Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kesehatan mental. Selain itu, hal ini juga sebagai upaya untuk mendukung mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. Ada beberapa cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, antara lain:


Baca juga: Seputar Hari Disleksia Sedunia 8 Oktober dan Bulan Kesadarannya


1. Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan Mental

Salah satu cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan mental, salah satunya memicu percakapan di media sosial. Anda bisa membagikan artikel penting atau mendiskusikan pengalaman tentang kesehatan mental dengan orang-orang yang terhubung di media sosial.

Dengan begitu, nantinya orang-orang yang terhubung dengan Anda akan memiliki kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mental. Meski sederhana, hal ini menjadi cara paling baik untuk menyebarkan berita dan mendukung orang-orang di seluruh dunia.


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan


2. Berpartisipasi dalam Acara Hari Kesehatan Mental

Berpartisipasi dalam acara atau event Hari Kesehatan Mental juga bisa jadi cara terbaik untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental. 

Saat ini, banyak event Hari Kesehatan Mental Sedunia yang bisa diikuti, baik offline maupun online. Acara-acara tersebut terbuka bagi siapa saja yang peduli dengan isu kesehatan mental.


Baca juga: Memperingati Hari Maritim Nasional, 23 September


3. Berbagi Pengalaman

Cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia selanjutnya adalah berbagi pengalaman kesehatan mental Anda sendiri. Orang yang berjuang dengan kesehatan mental mereka merasa sendirian untuk membicarakan apa yang tengah dirasakan. Untuk itu, membicarakan masalah kesehatan sendiri dan mendengar pengalaman orang lain, bisa membantu meyakinkan diri agar lebih kuat dan tidak merasa sendirian.


4. Menjangkau Orang-orang Terdekat

Menemui orang-orang terdekat yang sedang berjuang menjaga kesehatan mental mereka adalah cara memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang paling efektif. Caranya mudah, Anda hanya perlu menemui mereka dan mendengarkan keluh-kesah apa yang tengah ia rasakan. Selain itu, Anda bisa menawarkan pertolongan untuk membantunya agar tidak merasa sendirian dalam berjuang.


Baca juga: Mengenal Gejala Syndrom Post Power


Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental dapat memengaruhi cara seseorang berpikir, bertindak, dan merasa. Dikutip dari Kemenkes, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin seseorang berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga bisa menikmati kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, orang yang mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, dan akhirnya mengarah pada perilaku buruk. Pentingnya menjaga kesehatan mental karena kesehatan mental juga berpengaruh pada kesehatan fisik.


Baca juga: Hari Pustakawan Indonesia: 7 Juli


Melansir dari Mental Health Foundation, seseorang yang mengalami depresi, diketahui mengalami peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, setiap individu wajib memahami pentingnya menjaga kesehatan mental sejak dini.

Pentingnya menjaga kesehatan mental karena gangguan mental bisa dialami kapan saja dan siapa saja. Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental seseorang dapat berubah seiring waktu, tergantung pada banyak faktor.


Baca juga: Pustakawan dan Kesehatan Perpustakaan


Ketika tuntutan yang ditempatkan pada seseorang melebihi sumber daya dan kemampuannya, kesehatan mental mereka dapat terpengaruh. Maka dari itu, perlu disadari bahwa gangguan mental bisa dialami kapan saja dan siapa saja.


0 Response to "Seputar Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober"

Post a Comment