Seputar Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober

Seputar Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober

Setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia. Peringatan ini dicanangkan PBB yang bekerja sama dengan berbagai organisasi untuk menggalakkan aksi cuci tangan oleh masyarakat.

Mencuci tangan termasuk aksi sederhana yang berdampak besar. Ajakan mencuci tangan secara global ini dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian, terutama bagi balita. Selain itu, mencuci tangan juga sebagai langkah pencegahan terhadap berbagai penyakit.




Hari Cuci Tangan Sedunia juga dikenal dengan sebutan Global Handwashing Day. Setiap 15 Oktober, banyak organisasi pemerintah maupun swasta di seluruh dunia yang mengajak dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya mencuci tangan.


Sejarah Hari Mencuci Tangan Sedunia

Hari Mencuci Tangan Sedunia merupakan peringatan tahunan yang didedikasikan untuk mengedukasi cuci tangan dengan sabun. Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan banyak nyawa.


Baca juga: Seputar Hari Anak Perempuan Internasional, 11 Oktober


Hari Mencuci Tangan Sedunia digagas oleh Public Private Partnership for Handwashing atau Kemitraan Cuci Tangan Global (PPWH) dan didukung oleh PBB.

Jika dirunut dari sejarahnya, ditetapkannya Hari Mencuci Tangan Sedunia setiap 15 Oktober dilakukan saat pertemuan Annual World Water Week yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm. Dengan demikian Hari Mencuci Tangan Sedunia resmi ditetapkan mulai 15 Oktober 2008.

Setiap tahunnya, kampanye Hari Mencuci Tangan Sedunia semakin banyak diperingati di berbagai belahan dunia. Bahkan banyak lembaga dan organisasi yang ikut turut andil dalam aksi mencuci tangan.


Baca juga: Seputar Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober

0 Response to "Seputar Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober"

Post a Comment