Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Mungkin banyak orang yang sejak pembuka mata sampai tidur kembali selalu melihat layar handphone atau laptop. Tak sekedar untuk melihat media sosial ataupun keperluan pekerjaan yang mengharuskan kita berjam-jam di depan layar.

Terkadang kita melihatnya sambil tiduran di tempat gelap dengan cahaya layar yang lebih terang ataupun dengan cara yang tidak benar dan merusak mata. Lalu bagaimana mencegah dan meminimalisir hal tersebut.


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan Mental


Pertama, jangan lupa untuk berkedip karena hal tersebut dapat menyebabkan mata lelah dan iritasi normalnya kita harus berkedip 15-20 kali per menit agar air mata dapat meliputi permukaan bola mata. 

Kedua, hindari menatap layar 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Karena di layar handphone dan laptop yang kita gunakan yang dapat menghambat hormon melatonin yaitu hormon yang membantu menjaga siklus tidur tubuh agar tetap sehat 


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan


Ketiga terapkan rumus 20 20 20. Yaitu setiap kali kita melihat layar handphone atau layar laptop selama 20 menit sempatkan melihat objek lain di luar layar selama 20 detik yang jaraknya 20 kaki atau 6 meter

Terakhir, terapkan posisi yang benar saat melihat layar handphone atau laptop posisi ergonomis. Yang harusnya kita gunakan pada saat menggunakan komputer itu pun ada, jadi  jaraknya jaraknya itu 20 sampai 28 inch dari dari mata, kemudian letak layar itu harusnya sekitar 10 sampai 15 cm di bawah mata kita jadi tidak boleh mendongak. Pastikan juga pencahayaan layar dan ruangan seimbang jadi tidak lebih gelap atau terang dari tempat kita berada. Karena hal tersebut dapat menyebabkan mata lebih mudah lelah.


Baca juga: Pustakawan dan Kesehatan Perpustakaan


Itulah tadi tips menjaga organ vital mata di tengah era digital ini.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital"

Post a Comment