Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

Menjaga Tubuh tetap sehat untuk merupakan suatu kewajiban yang setiap hari harus kita jalankan. Terlebih lagi ketika musim hujan.  

Biasanya musim hujan tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti demam flu batuk masuk angin dan penyakit lainnya. Hal tersebut disebabkan karena pada saat musim hujan mikroba lebih mudah untuk berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. 


Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital


Untuk itu kita harus menjaga tubuh kita dengan baik supaya tidak mudah terserang penyakit atau tertular penyakit. Nerikut adalah 5 tips menjaga kesehatan saat musim hujan:

Yang pertama tetap antisipasi saat beraktivitas di luar ruangan. Tips pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan yaitu pada saat beraktivitas di luar ruangan anda harus selalu antisipasi membawa barang-barang yang bisa melindungi anda. Pastikan anda tetap membawa payung atau jas hujan ketika bepergian dan beraktivitas di luar. Supaya Saat anda tidak basah kuyup karena saat tubuh mendapatkan suhu dingin dan tidak biasa itu akan membuat anda lebih cepat terserang penyakit. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa tas yang tercover sehingga saat musim hujan turun tas anda  tidak basah terguyur hujan. Anda juga tidak akan panik karena barang-barang dalam tas anda aman. Selain itu untuk menjaga masuk angin pakaian yang hangat saat berada di luar 


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan Mental


Yang kedua melindungi diri dari air kotor. Pada saat musim hujan biasanya kita akan menemukan genangan air kotor atau selokan yang tersumbat karena tumpukan sampah. Jika kita hidup di perkotaan kita pasti sudah tidak asing dengan banjir. Untuk itu lindungilah diri kita supaya tidak terkena air kotor. Kita bisa menggunakan sepatu boots karet untuk melindungi diri dari banjir dan genangan air kotor saat musim hujan. 

Yang ketiga menyediakan stok bahan makanan di rumah. Biasanya saat musim hujan perut kita mudah lapar, tidak sedikit orang memilih untuk menunda makan dengan alasan menunggu hujan reda. Padahal menunda makan itu jelas tidak baik untuk kesehatan, agar tidak selalu menunda makan dan tidak perlu kehujanan untuk membeli makanan, sebaiknya kita menyediakan stok makanan. Supaya pada saat lapar kita bisa masak di dapur. Selain itu  makanan yang baru dimasak saat musim hujan pastinya membuat tubuh kita tetap hangat. 


Baca juga: Manfaat Membaca Untuk Kesehatan


Yang keempat, istirahat yang cukup. Meskipun ada banyak pekerjaannya harus diselesaikan sebaiknya hindari begadang saat malam hari. Ketika merasa ngantuk dan lelah sebaiknya Anda menyegerakan diri untuk beristirahat. Pastikan tubuh mendapatkan posisi tidur yang cukup. Karena jika berlebihan akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Yang terakhir, menjaga kebersihan rumah saat musim hujan. Kita harus lebih rajin lagi membersihkan ruma,h perhatikanlah kebersihan lantai dapur dan kamar mandi. Selain itu juga pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara supaya tidak mengap dan lembab. Hindari menggantung pakaian selama berhari-hari supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Selain menjaga kebersihan di dalam rumah Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah segar. Jangan  sampah biarkan menumpuk, perhatikan juga selokan tempat pembuangan air. Segera bersihkan jika terdapat banyak sampah. Ingatan selalu bawa sampah adalah sarang penyakit.  Tetaplah selalu menjaga kebersihannya supaya kesehatan anda tetap terjaga. Itulah 5 tips menjaga kesehatan saat musim hujan.

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan"

Post a Comment