Filter Udara Sepeda Motor Tidak Boleh diCuci

Filter Udara Sepeda Motor Tidak Boleh diCuci


Filter udara merupakan salah satu komponen penting sepeda motor yang berfungsi sebagai penyaring kotoran pada ruang udara bebas yang masuk ke ruang bakar.

Kotoran yang melekat pada filter udara dapat menjadi penghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar. Dampaknya, performa mesin akan menurun karena proses pembakaran tidak sempurna karena volume campuran udara dan bahan bakar jadi tak sesuai semestinya. maka daripada itu, filter udara harus rutin dibersihkan.

Filter udara yang kotor sebenarnya dapat dibersihkan sendiri, tapi proses pembersihannya harus sesuai dengan jenis filter udaranya.

Ada 3 bahan yang digunakan untuk filter udara pada sepeda motor, yaitu urethane foam (filter udara dengan bahan dasar busa), dry paper (filter udara dengan bahan dasar sejenis kertas), dan viscous paper element (filter udara dengan bahan dasarnya sejenis kertas yang dilapisi oli).

Saat ini Hampir sepeda motor menggunakan saringan udara berjenis viscous paper element yang memiliki daya tangkap debu yang paling bagus.
Lalu bagaimana cara membersihkan ketiga jenis filter udara tersebut?

Urethane Foam (Filter Udara Bahan Busa)

Jenis filter udara ini perlu dilakukan perawatan berkala setiap 4.000 km berlaku kelipatan. Jangan cuci atau lumasi filter ini dengan cairan mudah terbakar. Cara membersihkannya adalah dicuci menggunakan air detergen atau cairan pembersih, kemudian diperas dan keringkan dengan udara bertekanan. Setelah itu lumasi filter udara dengan menggunakan oli.

Dry Paper (Filter Udara Bahan sejenis Kertas)

Filter udara jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala seperti filter udara jenis Urethane Foam, setiap 4.000 km dan berlaku kelipatannya. Tapi cara perawatannya perlu penanganan yang berbeda. Untuk membersihkan filter udara jenis Dry Paper dengan cara menyemprotkan angin bertekanan pada bagian belakang filter udara yang terdapat flame trap.

Cara penyemprotannya bisa dilakukan secara horizontal atau vertikal. Yang perlu diperhatikan adalah jarak antara nozzle filter dengan semprotan angin, yaitu sekitar 3 cm.

Kemudian itu, semprotkan udara pada bagian depan dengan penyemprotan sekitar 45 derajat. Usahakan filter dengan ujung nosel semprotan udara jangan terlalu dekat.

Viscous Paper (Filter Udara Bahan sejenis kertas berlapis oli)

Filter udara bahan Viscous Paper merupakan filter udara yang memiliki daya saring paling baik berkat lapisan oli pada permukaan filter udaranya. Tapi filter udara ini tidak dapat dibersihkan. Jadi ketika filter udara kotor jenis ini atau pemakaian telah mencapai 16.000 km, harus diganti dengan yang filter udara yang baru.

Filter udara yang jarang dibersihkan atau dibiarkan kotor dalam waktu yang lama, bisa berakibat mempengaruhi performa mesin. Kondisi terburuk bisa menimbulkan kerusakan pada bagian mesin sepeda motor.

Tarikan Mesin Terasa Berat

Untuk menghasilkan tenaga mesin yang optimal, diperlukan pembakaran yang sempurna dalam setiap proses pembakaran. Tentunya melalui komposisi campuran udara dan bahan bakar yang ideal. Tidak terlalu banyak udara atau tidak lebih banyak bahan bakar.

Tumpukan kotoran yang menempel pada filter udara akan menghambat aliran udara segar masuk ke ruang bakar. Sehingga volume udara yang masuk jadi lebih sedikit dibanding bahan bakar. Akibatnya, proses pembakaran yang terjadi jadi tak sempurna sehingga tarikan mesin jadi terasa berat atau kurang bertenaga.

Bahan Bakar Boros

Ketika volume udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin sepeda motor berkurang, sehingga volume campuran udara dan bensin jadi tak berimbang. Akibatnya proses pembakarannya jadi tak sempurna.

Selain membuat tarikan motor jadi terasa berat, konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros karena akan banyak bahan bakar yang terbakar sia-sia.

Penumpukan Karbon pada Ruang Bakar

Selain masalah tarikan mesin terasa berat dan boros bahan bakar, masalah lain yang ditimbulkan akibat filter udara kotor adalah menumpuknya karbon sisa pembakaran pada ruang bakar. Jika dibiarkan dalam waktu lama, berpotensi merusak komponen mesin pada ruang bakar.


Baca Juga:

0 Response to "Filter Udara Sepeda Motor Tidak Boleh diCuci"

Post a Comment