Penyebab Aki Motor Drop

 Penyebab Aki Motor Drop


Aki Motor Drop bisa menjadi masalah serius bagi pemilik sepeda motor. Pasalnya, banyak komponen kelistrikan sepeda motor yang bergantung pada daya baterai, seperti starter elektrik, sistem penerangan, dan komponen lainnya. Oleh karena itu, pemilik sepeda motor sebaiknya merawat aki agar awet. Beberapa faktor dapat menyebabkan kinerja baterai menurun, seperti:


1. Masa Pakai Baterai

Semua baterai memiliki masa pakai yang terbatas. Seiring berjalannya waktu, performa baterai bisa saja menurun hingga tidak mampu lagi menyimpan dan menghantarkan energi listrik yang dibutuhkan komponen kelistrikan sepeda motor.


2. Pengisian daya yang tidak tepat

Sebagian besar sepeda motor menggunakan sistem pengisian daya baterai otomatis, namun pengisian daya yang berlebihan atau penggunaan peralatan pengisian daya yang tidak tepat dapat merusak baterai.

Biasanya, Baterai tidak boleh diisi daya secara berlebihan atau kelebihan beban. Mengisi daya baterai secara berlebihan atau over charge dapat merusak baterai. Overcharging biasanya disebabkan oleh percikan api atau regulator.

Sedangkan overcharging menyebabkan aki sepeda motor terkuras sehingga starter elektrik tidak dapat digunakan.


3. Siklus pengisian dan pengosongan yang berlebihan (konsumsi daya baterai) 

Siklus pengisian dan pengosongan yang tidak memadai dapat mempengaruhi kesehatan baterai. Hal ini sering terjadi karena sepeda motor jarang digunakan atau hanya digunakan untuk perjalanan jarak dekat.


4. Kurangnya perawatan

Kurangnya pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala dapat menjadi penyebab rusaknya aki. Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala, pemilik sepeda motor dapat mengetahui kondisi aki (voltase), kondisi terminal, dan lain-lain.



Baca Juga:

Lampu Indikator Aki Menyala, Apakah Akinya Bisa Diganti Sekarang atau Dicharge Dulu?

Filter Udara Sepeda Motor Tidak Boleh diCuci


0 Response to "Penyebab Aki Motor Drop"

Post a Comment