Seputar Hari Disleksia Sedunia 8 Oktober dan Bulan Kesadarannya

Seputar Hari Disleksia Sedunia 8 Oktober dan Bulan Kesadarannya

Tanggal 8 Oktober diperingati sebagai Hari Disleksia Sedunia atau World Dyslexia Day. Bahkan secara umum diketahui bahwa bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Disleksia atau Dyslexia Awareness Month.

Sekilas tentang disleksia seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), disleksia adalah gangguan dalam proses belajar yang ditandai kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Disleksia tergolong gangguan saraf pada bagian otak.


Baca juga: Sejarah Singkat Hari Kereta Api Indonesia 28 September


Dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang kondisi disleksia dan kepedulian terhadap mereka yang mengalaminya, maka diperingati Hari Disleksia Sedunia dan Bulan Kesadaran Disleksia di bulan Oktober. 

Untuk membangkitkan kesadaran di antara masyarakat umum dan otoritas utama dan negara-negara anggota berdaulat yang terakreditasi untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), maka diperingati Hari Disleksia Sedunia. Tanggal 8 Oktober menjadi tanggal peringatannya.


Baca juga: Memperingati Hari Maritim Nasional, 23 September


Menurut Media PBB, Hari Disleksia Sedunia bertujuan untuk mengumpulkan lebih banyak dukungan terhadap orang-orang dengan disleksia yang berada di sekitar kita. Peringatan ini juga berdasarkan "Deklarasi Hari Disleksia Sedunia pada 8 Oktober" yang diadopsi oleh PBB.

Menurut sejarahnya, seperti dilansir laman Days of The Year, disleksia pertama kali diidentifikasi oleh seorang dokter Jerman bernama Oswald Berkhan pada tahun 1881. Kondisi ini secara resmi dinamai "disleksia" oleh dokter mata Jerman bernama Rudolf Berlin 6 tahun kemudian.


Baca juga: Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan Tanggal 14 September


Selain ada peringatan Hari Disleksia Sedunia pada tanggal 8 Oktober, bulan Oktober sendiri juga diperingati sebagai Bulan Kesadaran Disleksia. Bulan Kesadaran Disleksia pada bulan Oktober bertujuan untuk mendukung mereka yang mengalami disleksia.

Kesalahpahaman tentang kondisi disleksia di tengah masyarakat yang mengarah pada stigma terhadap mereka yang mengalami disleksia pun menjadi salah satu latar belakang diperingatinya Bulan Kesadaran Disleksia. Peringatan ini merupakan kesempatan untuk membantu mereka.


Baca juga: Perpustakaan Mini Digital


0 Response to "Seputar Hari Disleksia Sedunia 8 Oktober dan Bulan Kesadarannya"

Post a Comment